Monday, January 22, 2018

Ide Usaha Sampingan Untuk Anak Kuliahan

Menjadi seorang mahasiswa baru tentu saja akan menjadi manusia super sibuk dengan tugas kampus namun di tengah tengah perkuliahan terutama untuk merek ayang sudah menginjak semester lima, tugas dan jadwal kuliah semakin sedikit sehingga seseorang akan memiliki banyak waktu luang. Nah bagi mereka yang tidak suka membuang waktu sia-sia, tentu saja waktu kosong ini sangat rugi jika tidak dimanfaatkan dimana tenaga dan semangat muda masih menggebu-gebu.

Ide Usaha Sampingan Untuk Anak Kuliahan

Sebagai seorang mahasiswa tentu saja tidak mungkin untuk mengambil pekerjaan penuh, bekerja paruh waktu-pun kadang tidak memungkinkan karena ada beberapa jadwal kuliah yang saklek dan tidak bisa diubah, namun jangan khawatir, bagi kalian Mahasiswa yang ingin mencari uang meskipun memiliki waktu yang banyak karena jadwal kuliah, berikut ini ada beberapa ide dan cara mencari uang yang mungkin cocok untuk kalian.

1. Les Private


Mahasiswa tentu saja sangat dekat dengan kehidupan akademik, oleh karena usaha yang pertama yang paling layak kalian lakukan adalah membuka kursus Privat. Cara ini adalah cara yang paling simpel untuk mencari uang karena waktunya dapat didiskusikan dengan calon costumer. Hal ini juga tidak menyulitkan dari segi fasilitas karena kalian bisa ngajar di rumah costumer tersebut. Untuk segi pelajaran juga tidak perlu khawatir karena tingkat yang diajarkan adalah anak SD, SMP dan SMA yang tentu saja kalian sudah melewatinya.

2. Bisnis Foto ataupun Video


Ide kedua untuk usaha sampingan bagi Mahasiswa adalah membuka usaha jasa Foto atau Videografi. Usaha ini terbilang tidak susah lagi sejak kamera Digital Singel Reflection atau DSLR sudah banyak dijual dipasaran. Usahanya bisa dilakukan jika waktu kosong misalnya hari sabtu atau minggu dimana banyak acara nikahan atau juga foto bot pada saat wisuda.

3. Bisnis Musik


Jiwa muda tentu saja sangat dekat musik, bahkan mungkin ada beberapa dari kalian yang mampu bermain musik atau memiliki suara indah. Jika benar tentu saja ada banyak cafe' yang membutuhkan live musik di cafe mereka yang tentu saja kebanyakan jadwal manggung-nya malam hari, jadi tidak akan bertabrakan dengan waktu kuliah.

4. Freelance Writer


Salah ide brillian lain yang paling keren untuk dapatkan uang adalah memulai usaha untuk menjadi penulis lepas. Bagi anda mahasiswa tentu saja syarat utama yang harus dimiliki adalah mampu menulis, entah itu tulisan ilmiah ataupun karya sastra. Saat ini ada banyak perusahaan dan situs yang membutuhkan jasa tersebut. Bahkan ada beberapa situs luar yang akan membayar penulisnya dengan harga 100 USD untuk setiap tulisan berkualitas yang berhasil mereka buat.

5. Membuka Jasa Desain Grafis


Bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan seni rupa, desain grafis, arsitektur dan yang berkaitan dengan dunia gambar tentu saja sangat disayangkan jika kalian membuang waktu percuma tanpa menghasilkan uang, padahal diluar sana ada banyak orang yang membutuhkan jasa desain Grafis. Selain menambah uang jajan tentu saja pekerjaan ini membuat skill dalam menggambar semakin terlatih jadi sangat sesuai dengan tujuan kuliah.

6. Penerjemah


Menjadi penerjamah mungkin menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa, apalagi kebutuhan akan bahasa Asing juga dibutuhkan di dalam bidang akademik bahkan untuk mereka yang tidak kuliah jurusan bahasa Inggris sekalipun. Penghasilannya-pun tidak main-main, meskipun pekerjaan sampingan jika tulisan kalian cukup baik orang akan rela membayar sebesar 80 ribu sampai 100 ribu rupiah untuk jasa translate per lebar kertas. ukuran A4. Uangpun akan semakin banyak jika semakin banyak bahasa yang dikuasai seperti bahasa arab, inggris, spanyol, mandarin, dan perancis.

7. Jasa Printing


Jasa Printing tentu saja jauh lebih mudah bagi para mahasiswa, karena anda tidak perlu berfikir lagi tentang kontent atau produk yang ingin di cetak. Serahkan semua kepada pelanggan dan anda hanya sisa mencetak. Usaha ini sangat membantu teman lain karena mereka juga membutuhkan printer untuk mencetak tugas yang diberikan dari kampus, sisanya hanya mempelajari teknik maintenance dari mesin cetak yang digunakan.

8. Bisnis Pembuatan Online Shop


Jasa berikutnya adalah jas ayang paling banyak dibutuhkan saat ini yakni pembuatan toko Online. Pembuatan online shop tentu saja sangat sesuai dengan waktu mahasiswa yang ada. Pembuatan situs online dapat dilakukan pada malam hari ketika tidak ada jadwal kuliah dan tentu saja pembuatan situs online sangat besar tergantung dari ukuran dan besarnya.

9. Jualan Pulsa


Jualan Pulsa bisa menambah penghasilan dan uang jajan kalian loh. Yah meskipun keuntungan tidak seberapa, tapi jualan pulsa bagi mahasiswa sangat mudah karena bisa jadi pelangganya adalah teman kelas jadi bisa transaksi sambil dengarin dosen kuliah, tapi jangan dilakukan dalam kelas yah, soalnya ini adalah kebiasaan buruk.

Nah bagi kalian yang membutuhkan uang tambahan tentu saja mencoba beberapa ide di atas bukanlah sebuah masalah. Jika sesuai dengan fashion kalian, tidak tertutup kemungkinan pekerjaan tersebut menjadi pekerjaan tetap kalian jika kelak sudah wisuda.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon