Sunday, January 21, 2018

Jenis dan Varian Minuman Kopi Paling Populer di Dunia

Membahas minuman berwarna hitam teman begadang paling setia hampir diseluruh belahan dunia. Karena banyaknya penikmat minuman ini di seluruh dunia, penyajian dan resep pembuatan kopi menjadi beraneka ragam.

Jenis dan Varian Minuman Kopi Paling Populer di Dunia

Kalau kita hanya mengenal Kopi Hitam dan Cappucino, mungkin karena dua jenis kopi ini yang paling populer dari seluruh dunia.

Jenis dan Varian Minuman Kopi Paling Populer di Dunia

1. Kopi Hitam


Kopi Hitam

Kopi Hitam merupakan ektraksi langsung dari biji kopi tanpa pemberian rasa apapun. Bentuk kopi hitam itu sendiri ada banyak macam mulai tradisional berupa Kopi Tubruk, V 60, Kono, Aeropresso dan lain-lain.

2. Espresso


Espresso

Espresso adalah minuman kopi yang didapatkan dari ekstraksi biji kopi menggunakan mesin uap bertekanan tinggi. Espresso merupakan dasar dari banyak resep kopi modern. Espresso terbagi atas dua jenis yakni singgel espresso dan dupio atau double espresso.

3. Coffee Latte


Coffee Latte

Latte dalam resep italia adalah susu, sehingga coffee latte adalah campuran dari kopi dan susu, namun kopi yang digunakan adalah kopi espresso dan susu dengan perbandingan paling umum adalah susu 3 bagian dan kopi 1 bagian.

4. Cafe au lait


Cafe au lait

Hampir sama dengan Coffee Latte hanya saja tidak menggunakan kopi espresso tapi digantikan dengan kopi hitam.

5. Caffe Macchiato


Caffe Macchiato

Machhiato merupakan kopi yang dicampur dengan susu dengan perbandingan kopi 4 bagian dan susu 1 bagian.

6. Cappuccino


Cappuccino

Cappucino merupakan kopi dengan campuran susu, susu krim dan serpihan coklat. Jika potongan coklat tidak ada kadang diganti dengan bubuk coklat.

7. Dry Cappucino


Dry Cappucino

Dry Cappucino sejenis dengan kapucino hanya saja tidak menggunakan susu segar dan hanya sedikit susu krim.

8. Frappe


Frappe

Frappe adalah jenis kopi espresso yang disajikan dalam keadaan dingin.

9. Kopi Instan


Kopi Instan

Kopi instan adalah kopi kemasan yang berasal dari biji kopi yang sudah dikeringkan lalu digranulasi agar bisa diseduh setiap saat.

10. Kopi Irlandia


Irish Coffee

Kopi Irlandia atau Irish Coffee merupakan resep penyajian kopi yang banyak disajikan di Irlandia pada zaman dulu. Kopi dicampur dengan minuman keras seperti wiski.

11. Kopi Tubruk


Kopi Tubruk

Kopi Tubruk merupakan resep kopi asli dari Indonesia dimana biji kopi yang sudah digiling kemudian direbus bersama air lalu dinikmati dengan gula.

12. Melya


Melya

Melya adalah kopi yang dinikmati dengan penambahan coklat bubuk dengan madu ke dalam kopi.

13. Mochaccino


Mochaccino

Mochaccino adalah kopi yang menyerupai cappuccino dan coffelatte hanya saja ditambahkan dengan sirup coklat.

14. Oleng


Kopi Oleng

Oleng merupakan kopi khas dari Negeri Gajah Putih, Kopi Oleng disajikan melalui proses perebusan kopi, jagung, kacang keledai dan biji wijen.

15. Vietnam Drip


Vietnam Drip

Nama kopi ini diambil dari proses pembuatannya yakni drip dari sebuah wadah dari metal yang pertama kali terkenal di Vietnam, lalu ditambah dengan susu skim atau susu kental manis.

16. Americano


Americano

Amricano adalah jenis kopi yang dinikmati oleh orang amerika dimana teknik pembuatan kopi espresso dari italia yang terlalu pekat tidak cocok dengan lidah orang amerika, lalu ditambahkan air sampai cukup 200 mL.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon