Nama-nama Cabang Biologi yang Familiar - Info Namina

Sunday, February 11, 2018

Nama-nama Cabang Biologi yang Familiar

Hasil yang diharapkan setelah kamu atau teman-teman semua membaca artikel ini, dapat menambah dan membuka pikiran teman–teman semua bahwa masih banyak lagi sebenarnya cabang ilmu biologi.

Nama-nama Cabang Biologi yang Familiar

Intinya, tidak ilmu biologi itu tidak hanya apa yang kita pelajari di pelajaran sekolah saja, namun juga apa yang kita pahami disetiap kehidupan kita.

Nah berikut adalah penjelasan mengenai apa saja sih cabang-cabang ilmu biologi yang harus kita pelajari lebih luas.

Kamu pernah dengar rekayasa genetika? Mungkin Anda pernah dengar tapi tidak mengerti apa sebenarnya rekayasa genetika.

Dan sebenarnya masih ada cabang-cabang biologi yang familiar ditelinga namun jarang orang tahu arti sesungguhnya.

Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang merasa familiar dengan istilah dari cabang biologi, merasatahu, tapi ternyata pemahaman mereka tersebut. Tentu ini sangat berbahaya sekali.

Maka dari itu, ada baiknya kamu sempatkan untuk mengetahui beberapa cabang dari biologi yang pasti familiar di telinga kamu berikut ini.

Cabang Ilmu Biologi Anatomi


Kata apa yang hampir selalu digabung dengan istilah yang satu ini? Betul sekali. Kata makhluk hidup. Kamu pasti sering mendengar kata “Anatomi makhluk hidup.” Namun, apa makna sebenarnya?

Anatomi merupakan salah satu dari sekian banyak cabang ilmu biologi. Dalam bahasa sederhana, anatomi merupakan bagian dari ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur tubuh.

Maka dari itu, yang dimaksud dengan anatomi makhluk hidup adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh makhluk hidup, entah itu manusia, bintang, atau hewan.

Cabang biologi yang satu ini sangat penting sekali mengingat perannya yang sangat signifikan dalam hal penyembuhan.

Jika ada kasus penyakit yang dialami oleh seseorang atau ada orang yang jatuh dari tempat yang cukup tinggi, dibutuhkan seorang ahli anatomi untuk memprediksi bagian tubuh mana yang mengalami masalah dan bagaimana cara penyembuahan nya.

Cabang Ilmu Biologi Epidemiologi


Ini merupakan cabang ilmu biologi yang fokus mempelajari tentang penyakit yang menular. Namun, jangan menganggap bahwasannya cabang ilmu biologi yang satu ini hanya mempelajari penyakit pada manusia.

Mereka yang ahli di bidang epidemiologi juga mempelari penyakit yang menular pada tanaman. Maka dari itu, ada cabang lain, yaitu epidemiologibi dan gpertanian agro kompleks.

Ini lebih fokus pada penyakit menular pada tanaman pertanian. Seorang ahli di bidang epidemiologi ini mampu memprediksi persebaran penyakit. Mereka menggunakan analisa yang melibat nya banyak hal.

Mulai dari cuaca, musim, arusmigrasi penduduk, populasi, dan lain sebagainya. Dalam waktu yang sama, mereka juga mencari tahu solusi terhadap penyakit tersebut.

Cabang Ilmu Biologi Patologi


Dari nama cabang-cabang biologi yang ada, istilah yang satu ini paling sering di dengar, bahkan oleh orang yang awam di bidang biologi sekalipun. Namun, apa itu patologi?

Ini adalah cabang biologi yang mempelajari mengenai penyakit serta dampak buruknya yang ditimbulkan pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

Saat ini, pasein yang sangat membutuhkan ahli patologi adalah mereka yang terkena kanker. Ahlipatologi akan melakukan analisa seperti mengambil sampel darah kemudian melaukan diagnosa.

Setelah itu, seorang ahli patologi akan menjelasakan kanker pada stadium berupa yang ada di dalam tubuh pasien.

Dengan melakukan serangkaian analisa tersebut, maka sel kanker bisa dibasmi dengan cara yang tepat dan akurat.


Cabang Ilmu Biologi Fisioterapi


Cabang yang satu ini sering dihubungkan dengan pasien yang mengalami masalah dengan kondisi fisik nya. Hal itu benar. Namun, kurang begitu lengkap penjelasannya.

Fisioterapi merupakan cabang dari ilmu biologi yang memiliki konsetrasi dalam hal bagaimana cara memulihkan pasien yang mengalami gangguan pada bagian otot atau bahkan kelumpuhan.

Banyak hal yang akan dilakukan oleh seorang fisioterapi atau yang sering disebut dengan physiotherapist, seperti memberikan program latihan secara regular.

Seperti menerapkan teknik elektroterapi, hidroterapi, dan lain sebagainya. Teknik yang digunakan disesuaikan dengan masalah otot yang dialami oleh setiap pasien.

Cabang Ilmu Biologi Taksonomi


Yang satu ini adalah cabang ilmu biologi yang membagi makluk hidup dalam berbagai golongan. Ternyata, ada banyak kategori makhluk hidup yang digunakan oleh ahli taksonomi, seperti spesies, genus, famili, ordo, kelas, filum, divisi, serta kingdom.

Cabang biologi yang satu ini sering digunakan untuk menamai sebuah makhluk hidup baru. Yang paling sering adalah untuk menamai jenis tanaman baru yang belum pernah ditemukan oleh ilmuan.

Ahli taksonomi akan mencari tahu tumbuhan tersebut ada pada kategori apabaru kemudian memberikan nama pada tumbuhan tersebut.

Cabang Ilmu Biologi Rekayasa Genetika


Ini yang sering dibahas di dunia kesehatan. Pasalnya, rekayasa genetika paling banyak mendapatkan kritik. Banyak ahli yang mengkhawatirkan program rekayasa genetika.

Mmeskipun memang ada tujuan besar dan baik yang sebenarnya ingin dicapai. Contoh nya saja rekayasa genetika yang menghasil kan nasi emas atau golden rise.

Ini merupakan nasi yang dibuat dari sebuah rekayasa gentika di mana di dalam nasi tersebut ada tambahan 2 gen. Tujuannya untuk membantu anak-anak yang mengalamni defisiensi vitamin A.

Tentu banyak lagi proyek rekayasa genetika lainnya. Dan pro kontra pun muncul. Misalkan saja mengenai nasi emas tersebut.

Banyak orang yang memper tanyakan apakah nasi tersebut benar-benar tidak mengganggu kesehatan anak atau tidak.

Pada dasarnya, rekayasa genetika merupakan proses di mana sifat genetik dimanipulasi melalui sebuah langkah-langkah ilmiah tertentu. Dan rekayasa atau proses memani pulasi tersebut dilakukan untuk tujuan tertentu.

Ilmu Biologi Radiologi


Jika mendengar istilah radiologi, banyak orang langsung ingat dengan rontgen. In merupakan yang digunakan di dalam dunia kedokteran untuk mengambil gambar bagian tubuh dalam seperti paru dan tulang.

Namun, bukan hanya rontgen saja yang merupakan alat radiologi. Ada magnetic resonance imaging yang sering disebut dengan MRI, Fluroskopi, Computer Tomography Scan atau CT Scan, dan lain sebagainya.

Pada intinya, radiologi merupakan radiasi gelombang yang dimanfaatkan untuk mengetahui organ seseorang yang terletak di bagian dalam.

Gelombang yang digunakan adalah elektro magnetik pada frekuensi tertentu yang tidak mengganggu kesehatan seseorang.

Ilmu Biologi Agronomi


Bagi kamu yang suka mengembangkan tanaman budidaya, kamu harus tahu mengenai agronomi. Ini merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang tanaman budidaya.

Ini berbeda dengan agribisnis. Sayangnya, banyak orang yang menyamakan antara agronomi dengan agribisnis. Agribisnis merupakan sebuah usaha pembudidayaan tanaman yang berorientasi pada profit.

Sementara itu, Agronomi tidak berorientasi pada profit. Namun, keduanya memang mempelajari serta mengembangkan teknik budidaya tanaman yang lebih efektif dan efisien.

Ilmu Biologi Astrobiologi


Dari sekian cabang-cabang ilmu biologi yang ada, seperti yang satu ini tidak banyak dilirik oleh para pelajar. Astrobiologi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang perubahan masa depan kehidupan di dunia.

Meskipun demikian, sudah banyak diskusi digelar mengenai hal ini. Mereka yang ikut dalam diskusi kebanyakan mahasiswa dan juga pemerhati lingkungan yang merasa prihatin dengan masa depan kehidupan semesta.


Ilmu Biologi Konversi


Ini yang paling populer. Cabang ilmu biologi ini banyak diminati. Bahkan mereka yang notabene bukan dari jurusan pendidikan lingkungan atau biologi pun banyak yang tertarik.

Biasanya, hal tersebut berawal dari keprihatinan mereka pada kondisi bumi yang semakin parah. Dengan mempelajari biologi konversi.

Mereka mengharapkan bumi bisa lestari dan tetap menjadi tempat yang sehat untuk generasi-generasi yang akan datang.

Apakah ada salah satu dari sekian cabang-cabang biologi yang kamu ingin pelajari? yang pastinya akan menambah wawasan pengetahuan kamu tentang ilmu biologi ini. Khususnya dalam permasalahan cabang-cabang biologi.

Ya, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan atau kekurangan pada tulisan atau artikel ini mohon dimaafkan. Semoga artikel tentang cabang cabang biologi ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.
Disqus comments