Monday, May 21, 2018

250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon

Pohon apel milik Paul Barnett, pria asal Chidham, Sussex Barat, bukanlah pohon apel biasa. Pasalnya, ada sekitar 250 jenis apel yang tumbuh pada satu pohon ini.

250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon

Semua orang mungkin berpikir bahwa ini adalah keajaiban. Padahal faktanya ini adalah hasil kerja keras Barnett sendiri. Setelah merawat pohon apelnya selama 20 tahun dengan penuh perhatian dan kasih sayang, Barnett berhasil menumbuhkan 250 jenis apel pada pohonnya.

Pria berusia 40 tahun ini telah melakukan cangkok 250 jenis pohon apel pada ranting pohon miliknya. Kini dia memiliki banyak pilihan ketika akan memanen apel. Wow, tentu menyenangkan mendapatkan hasil dari kerja kerasnya selama ini.

250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon
250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon

Pohon tersebut terlihat dipenuhi banyak label yang digunakan Barnett untuk menandai jenis apel apa yang sudah dicangkoknya. Ini agar dia tak lupa dengan jenis apel yang ditanamnya dan agar tak tertukar.

Ide ini muncul ketika Barnett ingin menanam banyak apel, namun tak punya cukup lahan di rumahnya. Beberapa jenis apel yang ditumbuhkannya antara lain jenis apel langka Withington Fillbasket tahun 1883 dan Eadys’ Magnum tahun 1908.

250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon
250 Jenis Apel Tumbuh di Satu Pohon

“Awalnya aku bekerja di pembibitan yang menanam sekitar 90 jenis pohon apal. Aku ingin menumbuhkan pohonku sendiri namun tak punya tempat untuk menanam banyak pohon apel. Akhirnya aku menanam ‘pohon keluarga’-ku sendiri dengan mencangkoknya,” ungkap Barnett, seperti dilansir oleh Metro (29/09).

Jenis apel yang menjadi favorit Barnett adalah Winter Gem. Menurutnya, jenis apel tersebut memiliki rasa yang renyah dan manis.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon