Wednesday, May 16, 2018

Fakta Tentang Sikat Gigi

Rajin menyikat gigi memang bisa menjaga kesehatan gigi. Tapi, pernahkah kamu menyadari bahwa sikat gigimu sehari-hari sebenarnya penuh dengan kuman?

Fakta Tentang Sikat Gigi

Sikat gigi yang kamu gunakan, sebenarnya dipenuhi oleh berbagai mikroba organisme, virus hingga bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada mulut.

Apalagi jika kamu sembarangan ketika menyimpan sikat gigimu. Mungkin saja sikat gigimu dalam keadaan kotor saat kamu gunakan. Sikat gigi yang kotor tidak hanya menjijikan, tapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan gigimu.

Nah, sebenarnya ada banyak cara untuk membersihkan sikat gigi kamu dan memastikannya bebas dari kuman. Pertama yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus memastikan bahwa tanganmu bersih saat ingin mengambil sikat gigi.

Cucilah tangan dengan sabun. Selain itu, sikat gigi sebenarnya harus dicuci dengan air hangat selama beberapa detik setelah dan sebelum penggunaan.

Kamu juga bisa menjaga sikat gigi bebas dari kuman dengan menggunakan satu sendok teh hidrogen peroksida yang dicampur dengan satu cangkir air. Rendam sikat gigi ke dalam campuran selama minimal 30 detik sebelum kamu menggunakannya.

Kemudian kamu bisa membilasnya dengan air panas. Kamu bisa menggunaka obat kumur yang mengandung alkohol sebagai pengganti hidrogen peroksida.

Salah satu cara lain untuk membersihkan sikat gigi adalah dengan merendamnya ke dalam cuka murni. Cuka akan membunuh sebagian besar kuman dan bakteri.

Tak hanya cuka, air mendidih juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan sikat gigi. Ini merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menempatkan sikat gigi ke dalam secangkir air mendidih. Untuk hasil yang optimal, kamu harus membiarkan sikat gigi direndam di dalam air selama tiga sampai lima menit.

Cara lain yang sangat efisien untuk membersihkan sikat gigi adalah mencampurnya ke dalam campuran pemutih selama sekitar 30 detik dan bilas secara menyeluruh sebelum digunakan.

Ada berbagai cara yang efektif untuk membersihkan sikat gigi, tetapi yang perlu kamu ingat, gantilah sikat gigimu setiap tiga atau empat bulan sekali.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon