Thursday, May 17, 2018

Lebih Mengenal Tongsis, Tomsis, dan Pensis

Tongkat narsis pada ponsel atau yang sering disebut tongsis handphone menjadi sebuah alat yang masuk dalam kategori barang-barang paling dicari pada tahun 2014. Alat ini menjadi primadona bagi mereka yang suka mengambil foto sendiri atau foto selfie dengan mengambil banyak obyek di dalamnya. Beragam tongsis pun mulai banyak dikeluarkan oleh beberapa produsen dengan fitur-fitur canggih.

Lebih Mengenal Tongsis, Tomsis, dan Pensis

Pada umumnya, tongsis berbentuk tongkat panjang mulai dari 20 cm sampai 100 cm lebih. Tongsis mempunyai bagian terpenting yaitu device holder atau bagian dudukan, di mana fungsinya untuk meletakkan smartphone atau tablet. Device holder ini bentuknya juga beragam, mulai dari yang bentuknya kecil untuk smartphone, sampai yang memiliki ukuran lebih besar untuk tablet. Lalu bagaimana cara menggunakan tongsis pada ponsel maupun tablet?

Cara penggunaannya sebenarnya mudah, hampir sama dengan penggunaan tripod pada kamera digital. Pengguna tinggal mengatur dan memasang holder di ujung alat ini. Kemudian letakkan smartphone atau tablet pada holder. Atur kekuatan cengkeraman holder sampai smartphone atau tablet terpasang dengan erat. Setelah selesai panjangkan tongsis dan atur posisi sehingga kita bisa mendapatkan pemandangan bagus saat melakukan selfie.

Alat ini juga hadir dengan fitur bawaan seperti tombol narsis atau yang disebut tombol narsis. Ada juga pencetan narsis atau Pensis. Kedua alat ini biasanya dilengkapi dengan fitur tombol shutter atau bisa juga menggunakan media bluetooth. Jadi pengguna tidak perlu lagi menggunakan timer pada aplikasi kamera saat mengambil foto. Cukup mengaktifkan bluetooth pada ponsel untuk tomsis, atau mencolokkan kabel di colokan headphone.

Lalu berapakah harga perangkat ini di Indonesia? Alat ini biasa dijual secara terpisah dengan harga beragam. Ada yang menjualnya dengan harga murah tapi ada pula yang menjualnya dengan harga mahal. Rata-rata penjual terutama online shop membandrol harga tongsis aksesoris handphone murah sekitar 30.000 ribu sampai 500.000 ribuan. Tergantung kualitas dan merk. Sementara untuk harga tomsis dengan kabel shutter biasanya dibandrol dengan harga mulai 50.000 ribuan. Sedangkan harga tomsis yang menggunakan media bluetooth dibandrol dengan harga mulai 30.000 ribuan sampai 300.000 ribuan.

Alasan kenapa tongsis menjadi barang yang paling dicari pada tahun 2014 adalah karena alat ini menawarkan nilai lebih dan kemudahan bagi para pengguna smartphone, khususnya bagi mereka yang gemar mengambil foto diri sendiri. Namun pada majalah Time, mereka tidak menyebutkan sebagai tongsis, melainkan “Selfie Stick”.

Namun baru-baru ini telah dikeluarkan lagi produk baru yang memudahkan kita untuk selfie tanpa kita repot-repot membawa tongsis ke mana-mana. Ada sebuah casing pelindung bernama StikBox, sebuah casing pelindung ponsel yang terhubung dengan tongsis. Bisa dipanjangkan seperti tongsis saat digunakan lalu dikantongi lagi setelah selesai digunakan. Seperti casing ponsel pada umumnya, tongsis ini kedalaman sebesar 0,6 inch dengan potongan-potongan alumunium sepanjang 28,3 inch di dalamnya, yang bisa dilipat dan ditarik keluar.

Sayangnya, alat ini hanya tersedia untuk perangkat iPhone dan belum ada informasi apakah sudah tersedia di Indonesia atau belum. Untuk sementara, kita harus berbahagia dengan alat tongsis yang ada sekarang ini. Fungsi tongsis sendiri bukan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Kalau hanya untuk bersenang-senang saja, kita bisa memilih tongsis handphone yang berharga murah. Semoga artikel tentang tongsis, pensis dan tomsis ini berguna untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon