Penanaman Modal dalam Negeri dan Fungsinya - Info Namina

Monday, May 21, 2018

Penanaman Modal dalam Negeri dan Fungsinya

Penanaman modal dalam negeri adalah suatu aktivitas menanam modal untuk melakukan suatu usaha di wilayah Indonesia. Penanaman modal dalam negeri biasanya disebut juga PMDN dan di atur oleh Undang-undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Penanaman Modal dalam Negeri dan Fungsinya

Adapun yang melalukan penanaman modal dalam negeri ialah para pemodal dalam negeri dengan menggunakan modal dalam negeri.

Siapa yang dapat melakukan penanaman modal dalam negeri?


Siapa saja dapat melalukan penanaman modal dalam negeri asalkan berada di wilayah negara Republik Indonesia. Artinya penanam modal boleh dilakukan oleh perseorangan, badan usaha, maupun pemerintah negeri.

Untuk badan usaha yang akan melakukan penanaman modal dalam negeri memang sudah ada aturannya dalam Peraturan Presiden No. 36 Tahun 2010 Tentang Perubahan Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

Fungsi dan Manfaat Penanaman Modal dalam Negeri


Ada beberapa fungsi dan manfaat yang diperoleh melalui penanaman modal dalam negeri, antara lain sebagai berikut:

1. Menghemat devisa


Tak dapat dipungkiri penanaman modal dalam negeri sangat menghemat devisa negara. Hal ini dikarenakan negara tidak menggunakan modal asing sehingga negara tidak perlu menghambur-hamburkan uang maupun berhutang.

2. Mengurangi ketergantungan pada produk asing


Penanaman modal dalam negeri juga dapat mengurangi ketergantungan produk asing. Hal ini dikarenakan industri dalam negeri dapat menghasilkan produk seperti halnya produk-produk asing. Jika tingkat produksi dan kualitas produk dalam negeri setara dengan kualitas produk asing, maka lebih banyak orang menggunakan produk dalam negeri. Hasilnya tentu saja dapat meningkatkan devisa negara dan ekonomi dapat tumbuh.

3. Mendorong kemajuan industri dalam negeri


Ada gula ada semut. Ada modal, ada pula proses produksi. Seperti itu pulalah perumpamaan manfaat penanaman modal dalam negeri. Bayangkan saja jika tidak ada modal, maka produksi tidak akan berjalan. Lantas jika menggunakan modal asing apakah tidak akan berjalan juga? Tentu saja berjalan, namun devisa negara akan sangat banyak terbuang karena telah keluar dari dalam negeri.

4. Membantu penyerapan tenaga kerja


Melalui penanaman modal dalam negeri dapat mengurangi tingkat pengangguran. Hal ini dikarenakan peraturan yang mengharuskan tenaga kerja berasal dari dalam negeri. Kalaupun ingin mempekerjakan tenaga kerja asing peraturannya juga terbilang susah dan posisinya pun terbatas.

Semoga informasi mengenai penanaman modal dalam negeri beserta fungsi dan manfaatnya bermanfaat untuk Anda.
Disqus comments