Tuesday, June 5, 2018

Apa Itu Crowdfunding

Crowdfunding bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan pendanaan dalam memulai bisnis. Pendanaan usaha maupun proyek dalam crowdfunding dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah uang dari berbagai orang, baik teman, rekan kerja, kerabat atau siapa pun yang setuju dengan proyek atau usaha yang akan dibuat.

Apa Itu Crowdfunding

Crowdfunding bukanlah hal baru dalam bidang teknologi, karena saat ini sudah banyak sekali situs crowdfunding yang cukup popular. Crowdfunding juga bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk membantu kamu untuk meluncurkan produk-produk usaha.

Jenis–jenis Crowdfunding


Di beberapa negara berkembang, crowdfunding dijadikan untuk pendanaan infrastruktur tempat tinggal mereka. Crowdfunding sendiri terbagi ke dalam tiga jenis yakni yang berbasis donasi, berbasis pinjaman dan equity based. Crowdfunding berbasis donasi menunjukan bahwa si peminjam tidak perlu mengembalikan uang yang ia terima.

Selanjutnya crowdfunding berbasis pinjaman atau crowdlending berarti si peminjam mengembalikan uang yang ia pinjam dengan mencicil, sehingga terjadi interaksi dan membangun kemitraan antara si peminjam dan si pemberi pinjaman. Sementara equity berarti si pemberi pinjaman juga mendapatkan modal atas keuntungan usaha yang nantinya diperoleh oleh si peminjam.

Pendanaan melalui website


Kemudahan lainnya yang bisa didapatkan dari crowdfunding adalah kamu dapat melakukan peminjaman melalui situs tertentu yang memang bergerak di bidang crowdfunding. di Indonesia sendiri beberapa platform yang bisa anda kunjungi antara lain KitaBisa, Wujudkan, AyoPeduli, Crowdtivate dan lain-lain. Platform ini adalah tempat di mana owner dan publik yang memberikan dana akan bertemu dan saling melakukan proyek. Hal ini tentunya akan menjadi timbal balik antara penerima dana dan pemberi dana.

Sumber pencarian modal untuk startup


Untuk para startup muda yang ingin memulai bisnisnya namun terkendala oleh dana, Crowdfunding menjadi salah satu cara jitu untuk membantu memberi modal dan mengembangkan usaha mereka. Salah satu contoh dari startup yang mendapatkan dana dari sistem crowdfunding adalah Dreadout, salah satu game horor buatan Indonesia yang mendapatkan dana sebesar $29.067 melebihi target dana yang ia inginkan yakni $25.000. Crowdfunding sangat mendukung para inovator untuk menciptakan suatu karya inovasi.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon