Fakta Unik Piala Dunia Rusia 2018 - Info Namina

Tuesday, June 26, 2018

Fakta Unik Piala Dunia Rusia 2018

Setelah 4 tahun lamanya Piala Dunia akhirnya resmi kembali bergulir. Setelah melalui proses penyisihan selama bertahun-tahun akhirnya 32 tim dari 4 benua akan mulai menunjukan kemampuan mereka untuk bisa meraih trofi paling bergengsi dalam kancah dunia sepakbola.

Fakta Unik Piala Dunia Rusia 2018

Ini merupakan momen yang istimewa baik bagi para pecinta sepakbola maupun Rusia sebagai negara yang menjadi tuan rumah. Piala Dunia kali ini juga menyimpan beberapa kisah unik, seperti penyenggaraanya yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

Selain itu masih ada beberapa fakta unik lain dari Piala Dunia Rusia kali ini, seperti yang telah berhasil info.naminakiky.com rangkum dari beberapa sumber pencarian internet. Berikut ini adalah Fakta Unik Piala Dunia Rusia 2018.

Bola Diproduksi Pakistan


Bola Diproduksi Pakistan

Untuk Piala Dunia 2018 kali ini FIFA telah menentukan yang akan digunakan oleh 32 tim yang berpartisipasi dalam setiap laga. Bola itu bernama Teslar 18, bola yang keluaran produsen aparel kenamaan Jerman ini konon merupakan bola paling canggih yang pernah dipakai pada Piala Dunia. Bola ini dilengkapi dengan micrichip dan dibuat dengan metode thermo bonded, yaitu proses pembuatanya sama sekali tak menggunakan jahitan melainkan menggunakan panas.

Selain itu fakta unik lain dari bola ini adalah proses produksinya yang di lakukan di negara Pakistan. Jadi meski tak ikut serta dalam piala dunia 2018, warga Pakistan boleh berbangga diri karena bola yang digunakan dalam kompetisi 4 tahunan ini diproduksi di negara mereka. Nama Teslar 18 sendiri diambil dari satelit telekomunikasi pertama di dunia, yaitu Teslar milik Nasa dan AT&T yang diluncurkan pada tahun 1962.

Pertama Kalinya Bagi Rusia


Pertama Kalinya Bagi Rusia

2 Desember 2010 bisa dibilang merupakan momen yang paling istimewa bagi seluruh fans sepakbola Rusia, karena di hari ini, Presiden FIFA saat itu Sepp Bletter secara resmi mengumumkan penunjuka Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Momen ini tentu terasa istimewa karena sebagai salah satu negara terbesar di dunia, mereka telah menunggu terlalu lama untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Banyak faktor non teksis yang selama ini menjadi penghambat bagi Rusia untuk bisa menjadi tuan rumah Pial Dunia. Namun akhirnya penantian itu berakhir tahun 2010 yang lalu, jadi Piala Dunia kali ini adalah yang pertama kalinya bagi Rusia sebagai tuan rumah, sekaligus Piala Dunia pertama yang dihelat di Eropa sejak tahu 2006.

Digelar di 11 Kota


Digelar di 11 Kota

Rusia merupakan salah satu negara terbesar di dunia, luas wilayah mereka bahkan bisa disetarakan dengan sebuah benua kecil. Dan untuk menyelenggarakan Piala Dunia kali ini, Rusia telah merombak setidaknya 11 kota yang akan menjadi medan pertempuran bagi ke 32 negara yang akan akan berlaga.

Ke 11 kota tersebut adalah Moskow, Saint Petersburg, Ekaterinburg, Kazan, Samara, Volgoggrad, Nizhny Novgorod, Saransk, Rostov-on-Don, Kaliningrad, dan Sochi. Di pilihnya sebelas kota sebagai kota yang akan di gunakan sepanjang pagerlaran piala dunia ini disesuaikan dengan jumlah pemain dalam satu tim sepakbola yaitu 11 orang.

Sedangkan untuk upacara pembukaan dipilih Stadion Luzhniki, Moskow, stadion ini juga sekaligus akan menjadi tempat partai final di gelar pada 15 Juli 2018.

2 Negara Debutan Yang Istimewa


2 Negara Debutan Yang Istimewa

Selain menjadi Piala Dunia yang istimewa bagi Rusia, Piala Dunia tahun 2018 ini juga terasa istimewa bagi dua negara lain yaitu Panama dan Islandia. Kedua negara ini baru akan pertama kali merasakan kemegahan Piala Dunia, tahun ini setelah sekian lama menunggu.

Panama berhasil lolos setelah menang 2-1 atas Kosta Rika lewat gol Gabriel Torres (53') dan Roman Torres (88') di Stadion Rommel Fernandez Gutierrez. Dengan hasil ini Panama berhasil menjadi salah satu wakil dari Zona CONCACAF. Ini merupakan pertama kali bagi Panama setelah kurang lebih 40 tahun menjadi anggota FIFA. Lolosnya Panama ke Piala Dunia 2018 ini juga sedikit di bumbui keberuntungan dengan tumbangnya dua tim unggulan Amerika Serikat dan Trinidad Tobago.

Sedangkan Islandia berhasil lolos ke Piala Dunia dengan meyakinkan setelah mereka menjadi juara Grup F zona UEFA sekaligus mengungguli Kroasia yang harus puas di peringkat 2. Islandia sendiri tergolong tim yang "istimewa" pada Piala Dunia kali ini karena mereka merupakan negara terkecil pada Piala Dunia 2018, negara ini bahkan hanya memiliki penduduk berjumlah 334 ribu jiwa saja.

Launching Logo Di Luar Angkasa


Launching Logo Di Luar Angkasa

Jika biasanya pengenalan logo Piala Dunia akan dilakukan dalam sebuah acara atau ceremoni, maka lain halnya dengan Rusia , karena pada 28 Oktober 2014 yang lalu mereka justru memperkenalkan logo piala dunia 2018 di luar angkasa. Logo ini sediri diperkenalkan oleh para Kosmonot di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang disiarkan langsung ke Teater Bolshoi, Moskow.

Logo ini bertema mimpi dan eksplorasi kosmik luar angkasa, serta mirip dengan trofi Piala Dunia yang digabungkan dengan unsur lokal seperti matryoshka dan burung api. Hal ini sesuai dengan citra Rusia yang ingin menjaga image mereka sebagai negara termaju dalam bidang antariksa.

Sahabat info.naminakiky.com itulah beberapa fakta unik dari Piala Dunia 2018, semoga piala dunia kali ini memberikan banyak kejutan dan pertandingan yang menarik untuk di tonton.
Disqus comments