Perbedaan Mandarin Traditional Dan Simplified - Info Namina

Wednesday, June 6, 2018

Perbedaan Mandarin Traditional Dan Simplified

Lagi sibuk belajar mandarin ya, tentunya sobat semua udah pada mahirkan bahasa mandarin..... 😃😃 atau masih mulai belajar. Tak apa yang penting tetap semangat. jia you,加油。

Perbedaan Mandarin Traditional Dan Simplified

Sobat Info Namina pasti sudah pada tahukan bahwa penulisan hanzi mandarin terbagi menjadi 2,yaitu Traditional dan Simplified...

Apa sih bedanya?

Nah,, di sini kita akan sekilas membahas perbedaan diantara keduanya. Langsung ke tkp :

1.Hanzi Traditional


Aksara Tionghoa tradisional(正體字)zheng ti zi atau disebut juga 繁體字(fan ti zi)atau aksara kompleks/aksara rumit,adalah salah satu dari dua set bahasa standar Tionghoa tertulis kontemporer.

Hanzi tradisional sekarang masih di gunakan secara meluas di Taiwan.Hanzi tradisioanal juga digunakan dalam bahasa Korea,dan aksara aksara yang telah sedikit disederhanakan juga digunakan dalam bahasa Jepang.

Jadi intinya Hanzi Tradisional merupakan hanzi yang pertama kali digunakan oleh seluruh orang Tionghoa sejak jaman dulu.Sesuai deskripsi di atas hanzi ini memang sangat sulit dipelajari karena terlalu banyak guratan atau goresan.Tapi jangan salah ,dibalik bentuknya yang rumit tersimpan keindahan tersendiri yang tidak ada pada hanzi Simplified.

Nah bagaimana dengan hanzi Simplified atau Sederhana? Kita simak lagi yuukk...

2.Hanzi Simplified


Aksara Tionghoa Sederhana (简体字), jian ti zi atau di sebut juga 简化字,jian hua zi adalah hanzi Tradisional yang secara resmi disederhanakan oleh Pemerintah Republik Rakyat Cina dalam rangka meningkatkan kemampuan baca tulis masyarakat luas.Jumlah guratan yang lebih sedikit dan sederhana diharapkan mampu memudahkan masyarakat untuk mempelajarinya.Namun dalam perkembangannya penyederhanaan ini justru menimbulkan banyak kerancuan bagi pembaca tradisional dan menghilangkan keindahan artistiknya.

Untuk selanjutnya negara negara di dunia menggunakan hanzi Simplified kecuali untuk hal hal tertentu seperti nama toko, kaligrafi dan lain sebagainya.Termasuk negara kita tercinta juga menggunakan Hanzi Simplified.Seperti yang telah saya tulis di atas hanzi Tradisional masih tetap diterapkan di Taiwan sampai sekarang.

Untuk sobat Info Namina semua tidak usah merasa bingung,sobat tinggal mempelajari mana yang digunakan di tempat sobat sekarang atau sesuai yang di butuhkan.Karena pada dasarnya antara keduanya hampir sama hanya sedikit berbeda dalam jumlah guratannya.Bahkan banyak juga yang sama,tidak berubah.

Dan saya yakin seiring dengan kemajuan sobat dalam mempelajari mandarin maka sobat pun akan mampu menguasai keduanya.Tetap semangat...
Jia you,加油。。😀😀

Di sini link pdf untuk belajar Chinese Tradisional TRADISIONAL,
Dan untuk Chinese Simplified SIMPLIFIED

Tak ada kata terlambat untuk belajar.
Disqus comments