Tips Menyiasati Penggunaan Listrik Prabayar - Info Namina

Wednesday, June 20, 2018

Tips Menyiasati Penggunaan Listrik Prabayar

Kini sudah banyak rumah yang menggunakan fasilitas listrik prabayar. Fasilitas ini sendiri dinilai lebih efisien, fleksibel, dan juga lebih hemat. Tak hanya itu, dengan listrik prabayar, masyarakat juga dinilai dapat menakar kebutuhan penggunaan listriknya sendiri. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyesuaikan pemakaian listrik dengan pulsa listrik yang telah dibeli sebelumnya.

Tips Menyiasati Penggunaan Listrik Prabayar

Para pengguna listrik prabayar ini kebanyakan merupakan para pemilik hunian. Hunian seperti rumah dan apartemen juga lebih memudahkan untuk menggunakan listrik. Apalagi, mereka yang sewa apartemen menjadi lebih mudah untuk menentukan biaya sewa dengan listrik yang disesuaikan sendiri oleh penyewa.

Hanya saja, masih banyak pula masyarakat yang merasa listrik prabayar malah menyebabkan penggunaan yang lebih boros. Hal ini karena, karena masyarakat menentukan sendiri pembayaran, masyarakat jadi kurang bisa menghemat penggunaan listrik.

Maka dari itu, cobalah perhatikan beberapa hal di rumah yang bisa memicu keborosan listrik. Memang, hal tersebut terkadang luput dari perhatian. Maka dari itu, simaklah 4 penyebab penggunaan listrik prabayar boros.

Daya yang Sesuai


Untuk anda yang memiliki rumah dengan daya 450 VA dan 900 VA, maka Anda masih mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah. Maka dari itu, ketika Anda membeli pulsa listrik untuk golongan 450 VA atau 900 VA, anda akan mendapatkan jumlah kwh yang lebih banyak.

Lain halnya dengan mereka yang merupakan golongan menengah dan atas dengan daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan seterusnya. Mereka tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sehingga, ketika mereka membeli listrik prabayar, kwh yang didapat lebih sedikit dari kwh golongan rendah.

Maka dari itu, ketahuilah kemampuan listrik di rumah Anda. juga tentunya kemampuan ekonomi anda sehari-harinya.

Gunakan Peralatan Hemat Energi


Gunakanlah peralatan elektronik yang hemat energi. Untuk lampu, Anda bisa memanfaatkan lampu LED yang memakan energi lebih kecil daripada lampu biasa. Selain itu, lampu LED juga dinilai lebih memiliki banyak keunggulan mulai dari murah, terang, dan juga tidak panas.

Gunakan juga peralatan elektronik lain yang menggunakan energi sedikit. Sehingga listrik tidak digunakan terlalu boros.

Perbaiki Sirkulasi Udara


Salah satu barang elektronik yang mengonsumsi listrik besar adalah AC atau pendingin ruangan. maka dari itu, ada baiknya anda memaksimalkan fungsi ventilasi agar sirkulasi udara menjadi lebih baik. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi penggunaan listrik.

Hemat Penggunaan Air


Hematlah penggunaan air. Terutama bagi Anda yang menggunakan pompa air di rumah. dengan menggunakan air secara sering, maka semakin sering pula pompa air nyala dan menggunakan listrik.
Disqus comments