Apakah Main Blog Termasuk Bisnis Online? - Info Namina

Saturday, July 28, 2018

Apakah Main Blog Termasuk Bisnis Online?

Apakah Main Blog Termasuk Bisnis Online? Menurut saya tidak, menurut hakekat ngeblog itu sendiri.

Apakah Main Blog Termasuk Bisnis Online

Pada dasarnya ngeblog atau blogging adalah bentuk weblog yang berisi catatan (entah apa itu isinya) yang diterbitkan secara periodik. Sedikit berbeda dengan website yang umumnya bersifat statis.

Lantas, bagaimana dengan blog yang diselipi iklan banner, iklan adsense maupun betuk-bentuk iklan lainnya? Atau blog tersebut menjual "backlink"? Bukankah ngeblog itu butuh biaya? Wajar dong ngeblog harus menghasilkan uang dan bisnis itu berorientasi keuntungan? Jadi ngeblog dapat dikatakan bisnis online.

Boleh saja berpendapat demikian, namun saya hanya melihat dari sudut pandang dari pengertian dan tujuan blog sebenarnya.

Awalnya Blog singkatan dari dari Weblog ini merupakan bentuk aplikasi website yang berbentuk tulisan-tulisan mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan, dan lain sebagainya, yang dimuat sebagai posting pada sebuah website.

Istilah blog digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997 untuk menyebut kelompok pembuat aplikasi web pribadi (postingan) yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain dengan memberikan fasilitas komentar bagi pembacanya.

Berdasarkan pengertian dan sejarah blog diatas, maka blog bukan merupakan sarana untuk berbisnis, meskipun digunakan oleh perusahaan bisnis. Namun itu hanya sebagai informasi, penjelasan atau yang sekarang dikenal dengan istilah content marketing

Salahkah jika dikatakan ngeblog itu bisnis online? Tidak dan nggak akan ada dalam ujian sekolah kok.

Ngeblog memang butuh biaya, apapun alasan untuk membantah, tetap butuh biaya. Minimal beli pulsa internet. Artinya ngeblog butuh modal, meskipun sedikit.

Untuk menutup biaya ngeblog, bisa saja dari anggaran pendapatan yang ada atau bisa dari blog itu sendiri. Yang terakhir ini akhirnya muncul bisnis online yaitu mendapat keuntungan dari kegiatan blogging yang dilakukan secara online (internet).

Caranya adalah menawarkan slot iklan banner, pasang iklan PPC, review artikel, jasa backlink dan lain sebagainya. Intinya blog tersebut bisa menutup biaya ngeblog sekaligus bisa menambah anggaran pendapatan rumah tangga.

Namun perlu diingat, bahwa ngeblog harus terus berjalan seperti pengertian blog di atas. Sedangkan hasil blog merupakan efek kegiatan blogging yang dilakukan.

Jika ngeblog sukses, dalam artian blog banyak pembaca (pengunjung) tidak menutup kemungkinan menjadi bisnis online utama.
Disqus comments