Wednesday, June 14, 2017

Lebih Mengenal Tentang Negara Australia

Lebih Mengenal Tentang Negara Australia

Australia adalah masyarakat yang stabil, budayanya majemuk dan demokratis dengan kinerja ekonominya merupakan salah satu yang terkuat di dunia. Dengan perkiraan jumlah penduduk lebih dari 22,5 juta jiwa, Australia merupakan satu-satunya bangsa yang memerintahkan suatu benua. Australia adalah pulau terbesar dan negara dengan daratan terluas keenam di dunia, kurang lebih seluas daratan Amerika Serikat dan satu setengah kali luas Eropa.

Suku aborijin Australia


Suku aborijin Australia

Australia adalah rumah bagi salah satu kebudayaan tertua yang tetap lestari di dunia. Penduduk Aborijin tiba sedikitnya 50.000 tahun lalu, dan penduduk Kepulauan Selat Torres 10.000 tahun lalu, sebelum pemukiman Eropa. Saat ini, Australia adalah salah satu negara yang paling multikultural, suatu bangsa yang kaya akan kebudayaan Penduduk asli dan imigran. Lebih dari seperempat jumlah penduduk Australia lahir di luar negeri. Australia adalah sebuah negara yang bersahabat dan pamor kami sebagai suatu masyarakat yang sukses dan makmur menempatkan kami di peringkat kedua dalam Laporan Pembangunan Manusia 2011 oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Australia memiliki 10 persen dari keanekaragaman hayati dunia, dan banyak dari tanaman, hewan, dan burung aslinya tidak ditemui di tempat lain di dunia. Dari hutan tropis di utara, gurun di Red Centre, hamparan salju di bagian tenggaranya, hingga wilayah Antartika Australia, Australia adalah negara yang luas dan majemuk. Negara ini memiliki banyak situs Warisan Dunia yang diakui secara internasional, termasuk Great Barrier Reef, Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, dan Sydney Opera House.

Ekonomi Australia secara konsisten bertengger di antara perekonomian terkuat negara-negara maju di Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Pada tahun 2011, Australia menjadi ekonomi terbesar ke-13 dunia, dengan komitmen kuat pada reformasi ekonomi yang berkelanjutan serta kiprah global yang menekankan pada perdagangan bebas dan penanaman modal.

Dengan tingkat pengangguran yang rendah, inflasi yang rendah dan hutang pemerintah yang rendah, angkatan kerja berketerampilan tinggi yang dihasilkan oleh sistem pendidikan kelas dunia, dan hubungan yang kuat dengan belahan dunia dengan pertumbuhan tercepat yakni Asia-Pasifik, ekonomi Australia dipastikan maju di masa depan.

Fokus kebijakan luar negeri dan perdagangan Australia adalah untuk memajukan keamanan dan kemakmuran jangka panjang kami. Kebijakan ini berupaya untuk melindungi dan memajukan kepentingan nasional Australia di lingkungan yang berubah dengan cepat sekaligus mendukung tata dunia yang stabil. Komitmenn pada multilateralisme, khususnya Perserikatan Bangsa-Bangsa, adalah prinsip dasar dari kebijakan luar negeri Australia. Australia telah terlibat secara utuh dalam upaya–upaya global untuk membangun perdamaian dan keamanan selama beberapa dasa warsa, sebagaimana Australia juga memajukan liberalisasi perdagangan dan penanaman modal global.

Aliansi kami dengan Amerika Serikat tetap menjadi priritas utama, sebagaimana halnya kiprah menyeluruh dengan negara-negara utama di Asia-Pasifik seperti Cina, India, Indonesia, dan Jepang. Program bantuan Australia telah ditingkatkan tiga kali lipat sejak 2000 dan diharapkan untuk dilipatgandakan lagi dalam lima tahun mendatang, yang dapat menempatkan Australia di peringkat keenam pendonor terbesar di dunia.

Lingkungan Australia yang menakjubkan, keanekaragamannya dan mutu kehidupan yang tinggi menjadikannya tujuan wisata internasional yang populer, dengan hampir enam juta orang mengunkungi Australia pada tahun 2011.

Adapun simbol-simbol kenegaraan Australia.

Bendera Australia


Dalam bendera Australia kita dapat melihat sejumlah bintang rasi Salib Selatan melambangkan posisi geografis Australia di belahan bumi selatan. Dan bintang besar Persemakmuran melambangkan federasi dari negara-negara bagian dari teritori-teritori dan Union Jack melambangkan ikaran awal Australia dengan Inggris Raya.

Warna Nasional


Australia memang unik, mereka mempunya warna nasional yang memang telah diakui. Warna nasional mereka bukan biru seperti bendera mereka tetapi warna nasional mereka adalah hijau dan emas, warna dari lambang bunga nasional mereka. Bunga itu adalah Golden Wattle (Acacia pycnantha Benth) . Warna hijau dan emas ini juga bisa kita lihat pada warna kostum tim sepak bola mereka.

Hari Nasional


Australia Day dirayakan setiap tahun pada 26 Januari. Tanggal ini memperingati hari pengibaran bendera Inggris di teluk Sydnet pada 1788.

Lagu Kebangsaan


Judul lagu kebangsaan Australia, Advance Australia Fair sudah resmi sejak 19 April 1984.

Lambang negara


Lambang negara Australia dikabulkan oleh Raja George V pada 1912. Lambang ini terdiri dari lencara enam negara bagian, yang melambangkan federasi, dan lambang-lambang negara golden wattle, kanguru , dan emu. Menurut tradisi populer kanguru diterima sebagai lambang satwa nasional. Golden wattle, dinyatakan sebagai lambang flora nasional pada bulan Agustus 1988.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon