Mencegah Wanita Tidak Menjadi Korban Perdagangan Manusia - Info Namina

Tuesday, January 23, 2018

Mencegah Wanita Tidak Menjadi Korban Perdagangan Manusia

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar perdagangan? Terpikir proses jual/beli barang atau jasa pasti, Tapi bagaimana jika yang diperdagangkan adalah manusia?

Mencegah Wanita Tidak Menjadi Korban Perdagangan Manusia

Selama ini perempuan itu rentan banget jadi korban perdagangan orang (human trafficking), sudah jadi stigma masyarakat bahwa perempuan mahluk lemah dan gampang ditipu khususnya yang berada di desa dengan tingkat pendidikan rendah.

Tahukah kamu Menurut lembar fakta IOM (International Organizaton on Migrations) atau badan PBB yang bergerak pada ranah perlindungan buruh migran periode 2004 hingga 2015 jumlah korban perdagangan orang di indonesia sebanyak 6.651 orang dengan perincian korban wanita usia anak 950 orang,wanita dewasa 4.888 orang, korban Pria usia anak 166 orang dan Pria dewasa 647 orang.

Apa kamu tau di indonesia bahkan banyak orang tua di daerah tertentu yang menyerahkan anaknya dengan sangat sadar sebagai “alat pelunas hutang” untuk di pekerjakan dan terkadang yang tidak mereka sadari perbuatan ini dapat menyebabkan tindakan sewenang-wenang dari si pemberi hutang yang bisa mengarah pada perbudakan.

Disinilah pentingnya sosialisasi terhadap masyarakat utamanya orang tua. sehingga perdagangan manusia sendiri sebenarnya terjadi karena efek domino dari kemiskinan.

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world. – Nelson Mandela

Mengutip quotes dari Nelson Mandela bahwa pendidikan adalah senjata terkuat yang bisa kita gunakan untuk mengubah dunia, dan hanya dengan pendidikan, kemiskinan dapat diatasi sehingga butuh kerjasama pemerintah pusat maupun desa dan masyarakat.

Bentuk pendidikan nya sendiri dapat melalui program peningkatan sosialisasi, pendidikan non formal seperti peningakatan kapasitas masyarakat melalui program pelatihan,namun utamanya adalah tetap melalui pendidikan formal yaitu sekolah.

Mungkin kalian mulai bertanya-tanya mengapa pendidikan? Karena orang dengan pendidikan yang terbatas memiliki lebih sedikit keahlian/skill dan kesempatan kerja sehingga mereka lebih mudah dieksploitasi karena mereka bermigrasi mencari pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian sedangkan dengan pendidikan maka orang selain menambah wawasan pastinya akan melatih banyak skill. Dan kamu bisa cegah perdagangan manusia dengan terapkan 5 soft skills ini

Kritis


Saat ada ajakan menjadi tenaga kerja jangan langsung di iyakan, cek dulu kebenarannya apakah mereka penyalur tenaga kerja resmi atau bukan?

Jangan sampai mereka penyintas perdagangan orang yang mau jadiin kamu target selanjutnya dan di era milenial seperti sekarang ini bahkan ajakan dari penyintas perdagangan manusia juga bisa datang dari dunia maya atau situs-situs internet sosial media.

Yang harus kamu lakukan adalah cek dari internet apakah mereka penyalur terpercaya atau jika desa mu memiliki layanan pos terpadu mengenai daftat penyalur tenaga kerja resmi, jangan males kesana untuk cek ya! Selain itu kamu dapat mengikuti kegiatan seperti sosialisasi yang diadakan didesa megenai perdagangan manusia ini akan melatih dan menambah wawasan kamu sehingga kamu lebih kritis baik dalam berpikir maupun menindaklanjuti suatu ajakan

Komunikasi


Komunikasi itu penting banget loh! Apalagi kalau kamu mau jadi tenaga kerja diluar negeri jangan lupa pelajari bahasa Inggris ya! Kamu akan terhindar dari penipuan dan tindak kejahatan di luar negeri kalau kamu menguasai bahasa inggris, agar kamu tidak mudah di tipu apalagi penyintas mungkin saja pake bahasa inggris saat ngobrol dengan “calon pembeli”

Cara belajarnya gampang! Kamu bisa belajar dari internet atau kalau kamu punya kamus coba belajar rangkai kata-kata memakai bahasa inggris lalu kamu terjemahkan ke bahasa indonesia jadi kamu lama-lama akan paham dengan sendirinya, bahkan sekarang dengan bermain game atau yang paling seru adalah dengan nonton film berbahasa inggris, jadi belajar bisa dimana saja dengan banyak media pembelajaran seperti diatas.

Kreatif


Kreatifitas perlu banget dilatih dan lihat betapa indahnya Indonesia, kita memiliki kekayaan ragam budaya jadi coba lihat sekeliling mu, apa keunikan dari desa mu? Adakah sesuatu yang bisa dijadikan kerajinan tangan jadi bisa kamu jual, kalau ada program kewirausahaan masyarakat desa coba ikutan deh!

Nggak ada ruginya belajar wirausaha siapa tau kamu bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang khususnya kaum perempuan. Karena pada dasarnya banyak yang ingin menjadi buruh diluar agar bisa mendapat pekerjaan yang layak dan dapat menghidupi keluarga di kampung dan di era milenial ini sudah banyak banget loh beasiswa ataupun penganugrahan dana untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat tinggal kamu harus aktif cari informasinya di internet.

Nah dengan adanya lapangan pekerjaan pertimbangannya perempuan tidak perlu lagi jauh dari keluarga bahkah harus sampai mempertaruhkan nyawanya untuk dapat peruntungan antara benar di pekerjakan menjadi TKI yang layak ataupun korban perdagangan manusia.

Kepemimpinan


Kepemimpinan itu perlu banget apalagi kalau kamu memang berniat membuka dan belajar kewirausahaan untuk meningkatkan taraf hidup di desa mu dalam rangka mencegah perdagangan manusia, kamu bahkan punya kemungkinan untuk berhadapan dan memimpin orang yang lebih dewasa dari kamu saat membuat usaha.

Tentunya kepemimpinan tidak semua orang langsung berbakat namun jangan khawatir hal ini bisa kamu latih dengan mulai ikut kepanitiaan acara atau karang taruna di desa tempat tinggal mu dengan semua pengalaman mengikutii kepanitiaan ataupun organisasi dijamin pasti skill leadership kamu akan meningkat pesat, jadi jangan takut belajar memimpin, bahkan seorang mantan Presiden seperti Barack Obama pun dulunya adalah seorang pemula.

Change will not come if we wait for some other person or some other time. We are the ones we’ve been waiting for. We are the change that we seek – Barack Obama

Kegigihan


Kegigihan atau persistence, sangat penting kamu tau kenapa? karena orang-orang yang gigih pastinya tidak akan menyerah ditengah jalan lalu kaitannya dalam usaha pencegahan perdagangan manusia ini adalah baik ketika kamu belajar hard skills (akademik) maupun soft skills (kemampuan non-akademik) seperti kepemimpinan, komunikasi, kreatif, dan berpikir kritis.

Kamu tentunya perlu kegigihan dimana di dalam kegigihan berarti terdapat komitmen dan disiplin, percaya deh segala kerja keras dan niat baik kamu nantinya akan membuahkan hasil yang indah walaupun terihat sulit diawal.

5 soft skills diatas adalah bagian dari pendidikan yang pastinya akan berkembang dan terasah jika kamu terus memacu diri untuk bersekolah maka melalui proses pendidikan tidak hanya 5 skill itu saja kamu akan mendapat lebih banyak baik dari segi wawasan serta ketrampilan yang akan membawa dampak baik bagi perkembangan kamu di masa depan.

Teman-teman sekolah kamu suatu saat akan menjadi networking mu kalian bisa saja suatu saat saling berkolaborasi meningkatkan taraf hidup di desa kalian menjadi lebih baik lagi. nah sudah tau kan hubungannya pendidikan,skills dan dalam pencegahan perdagangan manusia maka jangan lupa ajarkan dan sebarkan kepada teman-teman kamu ya sehingga kita dapat meminimalisir kejahatan trafficking.
Disqus comments