Tuesday, June 5, 2018

Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater?

Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater? Internet kini penuh dengan hal-hal aneh dan ganjil yang muncul selama beberapa tahun terakhir ini, seiring dengan semakin banyaknya generasi muda kini meluangkan waktunya dengan Internet, dan semakin sedikit meluangkan waktu berinteraksi dengan orang di dunia nyata.

Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater

Mungkin tempat yang paling menunjukkan gejala ini adalah aliran komentar di situs-situs yang populer, seperti YouTube, dan Gizmodo. Dalam aliran komentar-komentar seperti ini, terjadi “perang api” yang tak berkesudahan antara para komentator. Ayo kita telusuri, hanya untuk iseng.

Jadi, kita punya beberapa tipe dasar dari para komentator ini. mari kita lihat sekilas. Inilah dia!

Nerd


Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater

Nerd melihat dunia ini secara hitam putih. Bagi mereka, semuanya sama sekali mengagumkan, atau sama sekali tidak berharga. (mereka paling sering adalah anak-anak muda) Nerd khususnya punya satu area yang mereka adalah ahlinya, di mana mereka tahu banyak, atau sekurangnya mereka pikir demikian. Ada bermacam-macam jenis nerd. Ada nerd fiksi ilmiah, nerd Mac, nerd Windows, nerd programming, nerd design, nerd film, nerd grammar, nerd kamera, dan banyak lagi.

Nerd bisa jadi sangat produktif jika mereka mau. Mereka sering kali brillian. Masalah bisa timbul dengan sosial skill mereka yang kurang, yang sering kali mengarahkan mereka pada rasa kurang empati dan kasih sayang, atau kurang mampu melakukan hubungan dengan orang lain. Mereka mengharap semua orang sependapat dengan pandangan mereka. Jika tidak, para nerd tersebut akan menganggap mereka orang yang tidak gaul dan mulai melecehkan mereka dan meledek mereka dengan tanpa ampun.

Para nerd sering kali mengutip data statistik dan sumber-sumber informasi lainnya, dan sering kali pula mengutip artikel atau video yang mereka komentari. Mereka melakukan ini karena mereka percaya bahwa mereka benar dan tak terbantahkan tentang segalanya, dan bahwa kesukaan mereka akan angka-angka dan fakta-fakta membuat mereka menjadi superior bagi siapa saja yang terlibat dalam percakapan tersebut. Tapi mereka biasanya salah.

Seorang nerd grammar mungkin mengatakan sesuatu seperti, “Saya tidak percaya dia menggunakan tanda koma di sana! Sungguh tolol dan tak berguna! Dia pasti tidak lulus SD! Saya belum pernah melihat tulisan yang begitu kacaunya sepanjang hidup saya!” Seorang nerd film mungkin berkata, “Bagaimana mungkin orang ini lupa bahwa Ben Stiller ada dalam adegan yang satu itu! Bagaimana mungkin orang seperti itu bisa menulis ulasan tentang film!? Jika Anda pernah melihat pernyataan seperti ini, maka Anda telah melihat seorang nerd beraksi. Jika Anda membaca artikel satiris ini dengan sangat serius, maka Anda juga boleh jadi adalah seorang nerd. Tapi jangan takut, Anda selalu bisa berubah.

Fanboy


Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater

Fanboy sebenarnya juga termasuk kategori nerd, tapi mereka mempunyai tanda-tanda khusus. Mereka selalu mendukung orang yang berkata positif tentang perusahaan atau sesuatu yang mereka pilih, dan melecehkan orang yang menentangnya. Sebagai contoh, seorang fanboy Windows bisa diandalkan untuk menyerang apa saja dan segala pendapat yang positif tentang Apple. Mereka tidak punya sense tentang objektifitas, dan menyerang secara membabi buta siapa saja yang membela perusahaan apa saja yang bukan yang dia bela, yaitu Microsoft. Sebaliknya, seorang fanboy Apple dijamin akan menyerang siapa saja yang menulis yang baik-baik mengenai Microsoft atau Google.

Tidak ada fanboy jenis apa pun yang bisa memahami mengapa orang berbeda pendapat dengan mereka, dan mereka menganggap siapa saja yang tidak setuju dengan mereka sebagai orang gila. Pikiran yang hitam putih seperti ini berakar dari fakta bahwa kebanyakan fanboy adalah juga nerd. Hal paling penting yang membedakan seorang fanboy dengan nerd adalah kemampuan mereka, para fanboy tersebut, mengabaikan segala sesuatu yang negatif tentang perusahaan yang dia pilih, sambil membesar-besarkan hal-hal negataif tentang perusahaan lain. Dia percaya sekali akan kemampuan perusahaan yang dia bela dalam mengatasi semua kelemahan, dengan tidak memandang logika atau fakta.

Troll


Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater

Troll, secara definisi, adalah orang yang tidak pernah berkata yang baik-baik,. Akan tetapi, motif mereka berbeda-beda. Sebagain troll serius, dan hanya mengkritik dan menertatawakan segala sesuatu yang ada di sekitar mereka. Makhluk yang patut dikasihani ini merasa perlu menyerang semua orang yang melakukan hal-hal yang positif.

Pada sisi lain spektrum yang ini adalah troll humor, troll humor hanya mengatakan hal-hal yang menggelikan untuk memancing reaksi orang. Dia menikmati reaksi orang-orang atas pernyataan-pernyataannya yang aneh-aneh dan tak beradab. Dia sering kali berpura-pura sebagai nerd, fanboy, atau hater hanya untuk meledek mereka yang aslinya. Hey, tapi setidaknya mereka punya rasa humor, kan? Jika Anda berpikir untuk memberi komentar yang pedas dan kontradiktif, boleh jadi Anda juga adalah seorang troll.

Hater


Apa Itu Istilah Nerd, Troll dan Hater

Haters telah diberi akronim, “Having Aggression Towards Everyone Reaching Success.” Akronim ini cukup mewakili agenda para hater. Haters keluar dari kandang mereka untuk menyerang siapa saja yang menulis, membuat, membangun, atau bahkan membicarakan sesuatu yang positif. Para Haters sebenarnya adalah orang-orang yang bersedih karena kegagalan mereka, dan mereka percaya mereka bisa menghancurkan kesuksesan orang lain, barulah mereka akan merasa puas.

Tentu saja mereka salah, karena hal ini malah akan membuat mereka negatif dan menjengkelkan. Jika Anda pernah diserang oleh seorang hater, tepuk-tepuklah bahu Anda untuk menenangkan diri. Apa yang Anda lakukan boleh jadi adalah benar! Jika sekarang Anda marah karena artikel ini, maka boleh jadi Anda adalah salah satu hater. Ingatlah selalu, Anda harus menghormati orang lain agar Anda dihormati.

Orang Normal (orang kebanyakan)


Orang Normal (orang kebanyakan)

Merasa diri Anda tidak termasuk dalam salah satu kategori di atas? Bagus! Boleh jadi Anda termasuk kategori normal, atau termasuk kategori lainnya, atau karena Anda tidak mengakuinya. Orang normal biasanya terlalu sibuk dan produktif dan menghabiskan waktu secara berarti bersama teman-teman dan keluarga mereka untuk memberi komentar dalam blog-blog atau video-video dalam YouTube, tapi mereka melakukannya dengan santai dan lapang dada. Jika mereka menangkap kesalahan tata bahasa, boleh jadi mereka akan mengirim email kepada penulisnya, atau melalui tweeter, untuk menunjukkan hal itu.

Mereka boleh jadi memberi sesuatu yang bermanfaat dalam diskusi yang mereka ikuti, atau menanyakan pertanyaan yang cerdas. Jika Anda tertawa dan berpkikir bahwa Anda telah menemukan banyak sekali orang seperti ini di Internet, berilah tepukan di punggung Anda. Anda tergolong normal!

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon