Thursday, October 4, 2018

Cara Kerja dari Molekul Dopamine

Mungkin Anda pernah mendengar dopamine sebelumnya, tapi mungkin Anda tidak tahu apa itu dopamine dan apa kegunaannya.

Cara Kerja dari Molekul Dopamine

Baiklah, tidaklah terlalu sulit memahami pentingnya dopamine di dalam tubuh Anda, tapi kita tidak akan berfokus pada kajian ilmiahnya, OK? Sebuah molekul dopamine adalah sesuatu yang akan membuat hidup Anda lebih mudah dan menjelaskan ilmu tentang bagaimana dopamine terbentuk hanya akan membuatmu jadi kurang tertarik (atau malah akan membuatmu mengantuk).

Apakah Molekul Dopamine Itu?


Dopamine adalah sebuah unsur kimia yang terbentuk secara organik (maksudnya secara alami) di dalam tubuh Anda. Dopamine juga merupakan salah satu unsur yang terdapat di dalam hewan dan tumbuhan, yang berarti dopamine adalah sesuatu yang dimiliki oleh semua makhluk hidup di dunia ini. Jika dopamine ini terdapat di otak, maka dia bekerja sebagai jalan untuk mengirim sinyal-sinyal dari salah sel saraf ke sel saraf lainnya, sehingga memungkinkan Anda mengalami rasa sakit, misalnya. Dopamine membantu men-transmisikan informasi secepat yang dibutuhkan, bahkan ke seluruh bagian tubuh.

Ada saluran (pathway) berbeda-beda di seluruh otak yang juga digunakan oleh dopamine, dan masing-masing dari saluran ini bekerja dengan bagian berbeda dari aktivitas otak. Pertama, ada sebuah saluran yang memberi Anda motivasi yang berhubungan dengan tingkah laku berdasarkan reward. Sebagai contoh, jika Anda tahu bahwa tingkah laku tertentu akan menyebabkan Anda menerima penghargaan, Anda tentu akan melakukan tingkah laku tersebut, bukan? Hal itu karena dopamine dilepas di dalam otak Anda ketika Anda mengetahui bahwa penghargaan akan Anda dapatkan berdasarkan perbuatan Anda. Anda merasa lebih bahagia dan lebih bersemangat akan akibat dan apa yang akan Anda dapatkan sebagai hasil dari perbuatan Anda.

Saluran lainnya berhubungan dengan kontrol motorik dalam tubuh Anda, dan yang lainnya lagi berhubungan dengan cara bagaimana hormon-hormon yang berbeda-beda di dalam tubuh Anda dilepaskan. Secara keseluruhan, saluran tersebut menciptakan sebuah sistem penuh bagi dopamine di dalam tubuh Anda dan membantu Anda mengalami hidup Anda sebagaimana mestinya. Tidak berapa lama lalu, dopamine dipandang sebagai ‘happy drug.’ Ini berarti bahwa dopamine membuat Anda merasa lebih baik dan memberi rasa senang pada Anda. Namun kini kita menemukan bahwa hal itu tidak tepat. Semakin banyak riset telah dilakukan yang telah menemukan deskripsi tentang dopamine yang berbeda, dan lebih akurat, sebuah metode dalam memediasi antara keinginan dan motivasi.

Tentu saja, ada jauh lebih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh dopamine di dalam tubuh Anda. Sebagai contoh, dopamine bisa mencegah pelepasan norepinephrine dan membantu meningkatkan ekskresi sodium atau ekskresi urin. Dopamine bisa mengurangi produksi insulin dan motilitas gastrointestinal dan bahkan membantu melindungi mukosa intestinal (mukosa usus). Dopamine juga bisa mengurangi aktivitas limposit. Karena dopamine diproduksi di seluruh tubuh dan memengaruhi begitu banyak area di dalam tubuh, maka dopamine merupakan aspek penting bagi kesehatan dan fisik dan mental Anda.

Apa yang terjadi jika tak ada dopamine?


Jika tidak terdapat cukup dopamine di dalam tubuh, tubuh kita bisa mengalami berbagai masalah kesehatan. Sebagai contoh, kurangnya dopamine di dalam otak bisa menyebabkan penyakit Parkinson’s. Skizofrenia, nausea, sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome), gangguan kurangnya perhatian (attention deficit disorder) dan banyak lagi yang bisa terjadi akibat rendahnya level dopamine yang berhubungan dengan masalah-masalah di dalam tubuh.

Tak perlu dikatakan lagi apa yang bisa terjadi atau apa yang bisa Anda alami jika Anda tidak berhati-hati merawat tubuh Anda. Tentu saja, mengetahui bahwa tubuh Anda kekurangan dopamine adalah sulit, namun mencatat dan mengingat-ingat apa saja yang pernah Anda rasakan bisa membantu dokter memahami apa yang sedang Anda alami.

Setiap bagian tubuh kita memerlukan dopamine untuk berfungsi. Apakah tubuh menggunakan dopamine tersebut sebagai sebuah transmitter informasi atau untuk membantu proses normal atau untuk kegunaan lain semata, dopamine adalah sesuatu yang Anda perlukan, tak bisa ditawar-tawar lagi. Karena dopamine diproduksi di dalam bagian tubuh yang berbeda-beda, dengan demikian, maka adalah memungkinkan Anda mempunyai dopamine level rendah pada salah satu area otak dan mengalami kelebihan pada area lainnya. Itulah sebabnya mengapa begitu banyak riset dilakukan untuk lebih memahami bagaimana memproduksi dopamine secara artifisial.

Dopamine obat


Sejauh ini telah ada beberapa versi dopamine artifisial yang dibuat dan digunakan sebagai sebuah obat bagi berbagai penyakit. Versi medis tersebut bisa membantu mereka yang mempunyai dopamine level rendah di dalam tubuh mereka dan secara khusus digunakan untuk penyakit-penyakit seperti tekanan darah rendah, detak jantung yang lambat atau bahkan cardiac arrest (gagal jantung).

Dopamine adalah aman dan cukup efektif sehingga bisa digunakan pada bayi dan bisa digunakan sebagai sebuah terapi intravena (intravenous drip) untuk membantu memastikan dopamine tersedia dalam jumlah yang cukup. Menjaga dopamine dalam jumlah cukup adalah sebuah langkah penting.

Mendapatkan bantuan


Jika level dopamine di dalam otak Anda rendah, hal itu bisa menyebabkan mood dan tingkah laku Anda berubah meski tidak menyebabkan kondisi medis seperti penyakit Parkinson’s. Hal ini bearti adalah penting untuk berbicara dengan seorang profesional jika Anda mengalami mood atau perasaan yang tidak biasanya Anda alami. Jika Anda merasa lebih cemas, lebih frustrasi, lebih marah, lebih sedih atau bahkan merasa lebih senang daripada biasanya, maka adalah penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kadang-kadang Anda merasakan emosi seperti diatas lebih besar atau lebih kecil dari orang lain, tapi jika Anda mengalami perasaan-perasaan tersebut sedemikian kuatnya, maka boleh jadi ada sesuatu yang berlebihan pada diri Anda.

BetterHelp is one place you can find help for anything you're going through. Whether you're experiencing highs or lows, you'll want to talk with someone who can help you through the experience and help you get back to feeling healthy and happy again. With this service, you do everything right online, so there's no need to visit a psychiatrist's office or deal with any of the judgmental stares of the other people in the waiting room. You just log on, and you'll be ready to go in no time at all and so will your psychiatrist, from anywhere in the country.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon