Tuesday, November 13, 2018

Cara Menaklukkan Manusia Kepribadian Koleris

Koleris seperti yang sudah pernah saya sebutkan adalah kepribadian kuat yang memiliki bakat untuk memimpin. Mereka adalah control freak yang bahkan ambisius, senang kompetisi dan memiliki bakat alami untuk me-manage hal-hal yang bagi kebanyakan orang termasuk rumit. Pada artikel ini akan saya paparkan bagaimana caranya untuk menguasai manusia kepribadian koleris dan membuat mereka tidak mengontrol Anda, namun sebaliknya.

Cara Menaklukkan Manusia Kepribadian Koleris

Menguasai dan menaklukkan manusia kepribadian koleris memang tidak mudah. Dengan kecenderungan mereka yang selalu ingin memegang kendali, Anda akan sering terbentur dengan mereka dalam beberapa kepentingan, bahkan ketika Anda sudah menjadi sahabatnya.

Adapun cara menaklukkan kepribadian koleris sedikit berbeda antara pria koleris dan wanita koleris. Ini bukan karena adanya perbedaan sifat dasar antara mereka, tapi karena adanya perbedaan peran gender. Peran gender yang berlaku di masyarakat (bahkan masyarakat modern) tidak bisa menepis perbedaan peran masing-masing gender. Walaupun terlahir dengan bakat dan ambisi untuk memimpin, wanita masih tetap sadar akan kodratnya untuk hidup dipimpin pria dan pria sadar akan kodratnya untuk hidup memimpin wanitanya. Ini adalah kodrat yang sama dengan wanita yang mengenakan rok dan pria yang mengenakan celana panjang: kodrat mendasar yang takkan berubah seiring kemajuan zaman.

Langsung saja kita bahas cara menaklukkan para pemimpin ini :

1. Jangan Patahkan Argumentasi Mereka


Poin pertama ini bisa diaplikasikan kepada wanita maupun pria koleris. Manusia berkepribadian koleris sangat peka terhadap hal-hal yang berbau kompetisi karena kecintaan mereka terhadap kemenangan. Sebuah perdebatan kecil saja bisa mereka anggap sebuah perdebatan besar yang mempertaruhkan hidup matinya! Perdebatan bagi mereka tidak relevan dengan kebenaran, tapi dengan kemenangan. Dengan menempatkan diri Anda pada pihak mereka, Anda sudah selangkah lebih maju dalam memenangkan hati mereka.

Ini tidak berarti menjilat. Anda tidak perlu memvalidasi argumentasi mereka. Anda hanya perlu mendengarkan dan mengiyakan. Jangan berusaha mematahkan argumentasi mereka bahkan jika Anda tau persis fakta yang Anda katakan. Sekali lagi, perdebatan bagi mereka bukan soal kebenaran. Biarkan mereka tetap mendominasi perdebatan untuk memenangkan hati mereka.

2. Menanggapi Dominasi Mereka Berdasarkan Gender


Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, cara menghadapi dominasi koleris berbeda berdasarkan gender mereka. Berikut ini caranya :

Terhadap Pria

Tidak ada pilihan lain selain tunduk. Bagi pria koleris, tidak ada dua macan yang bisa tinggal di bukti yang sama. Dalam artian, ketika dia merasa berada di daerah teritorial yang ia kuasai (misalnya ketika ia adalah atasan Anda), bahkan dalam pergaulan sehari-hari dengan Anda pun ia akan menunjukkan dominasi. Tidak seperti kepribadian melankolis yang cenderung melakukan segalanya sendirian, koleris memiliki kecenderungan lebih besar untuk mendelegasikan urusan mereka ke orang lain sehingga mereka tidak perlu melakukan apa-apa kecuali mengawasi. Dalam proses ini, Anda mungkin saja bisa menjadi pesuruh sang koleris apalagi bila terdapat jurang sosial yang jauh antara Anda.

Menguasai pria koleris tentu tidak sulit bagi wanita. Karena bahkan dengan tangan besinya, pria koleris dapat diluluhkan dengan sifat manja dan godaan wanita (well, seperti kebanyakan laki-laki). Tapi bahkan sebagai wanita, jangan pernah mendikte seorang pria koleris untuk melakukan ini dan itu. Mereka sangat sensitif dengan hal-hal yang berbau perintah terhadap mereka, bahkan jika Anda cuma bilang “makan dulu sana”. Serahkan diri Anda pada dominasinya dan Anda pun akan memenangkan hatinya.

Terhadap Wanita

Berbeda halnya dengan pria, peran gender tetap membuat wanita koleris cenderung mencari pria yang dominan. Wanita koleris suka mengatur dan sangat terorganisir, dan untuk menguasai hati mereka Anda harus menunjukkan bahwa Anda lebih teratur dan lebih terorganisir.

Contoh kecil saja. Misalnya Anda dan seorang wanita koleris sedang berkencan dan mendatangai satu restoran yang sedang penuh sesak. Hanya ada beberapa pilihan meja kosong di hadapan Anda. Jika Anda ragu dan terlalu lama memilih, sang wanita koleris akan memilihkan meja untuk Anda berdua. Tapi dengan begini, hilang sudah ketertarikannya kepada Anda. Dalam alam bawah sadarnya ia sudah mencap Anda sebagai sosok pria yang tidak bertanggungjawab. Jangankan untuk mendominasi dirinya, Anda bahkan tidak dapat menentukan pilihan meja untuknya. Tapi ketika Anda dengan mantap memutuskan dengan cepat meja mana yang akan Anda berdua gunakan, sinyal yang sebaliknya Anda kirimkan kepada sang wanita koleris. Bahwa Anda seorang sosok pria yang memiliki dominasi terhadapnya dan mantap dalam menentukan keputusan. Ini kecocokan awal yang bisa Anda andalkan untuk memenangkan hati sang wanita koleris.

Tapi perlu Anda ingat bahwa ada garis imajiner yang membatasi dominasi Anda terhadap wanita koleris. Mereka suka ketika Anda dengan tegas memutuskan dan memperlihatkan dominasi Anda, tapi tanpa melewati garis imajiner ini. Garis imajiner ini terlentang antara kepentingan Anda berdua dan kepentingan pribadi sang wanita. Masih bingung? Seperti ini contohnya.

Memutuskan di meja mana Anda berdua akan makan, itu bagus. Memutuskan menu apa yang sebaiknya ia pilih itu salah. Ini tetap salah bahkan jika Anda melakukan itu untuk membantunya dalam proses dietnya atau apapun niat baik Anda. Memutuskan pukul berapa Anda dan dia mendatangi sebuah acara itu bagus. Tapi memutuskan apa yang sebaiknya ia kenakan itu salah. Walaupun niat Anda hanya untuk berpakaian yang kompak dengannya. Batasan yang perlu Anda jaga adalah tidak mengambil keputusan yang hanya melibatkan kepentingannya seorang dan bukan kepentingan Anda berdua.

Demikian cara untuk menaklukkan kepribadian koleris. Hanya perlu Anda ingat bahwa dengan menguasai kepribadian koleris tidak akan membuat sifat dasarnya menghilang, bahkan kepada Anda. Kepribadian yang cocok dengan koleris adalah plegmatis dan melankolis yang cenderung membutuhkan orang lain untuk mengambil keputusan. Jika Anda tidak masalah harus berurusan dengan aturan-aturan yang dibuat oleh seorang koleris terhadap Anda, silahkan saja. Tapi jangan bilang saya tidak mengingatkan Anda.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon