Sunday, May 27, 2018

Manfaat Daun Sereh Bagi Kesehatan

Sereh merupakan salah satu jenis rumput- rumputan, tanaman ini hidup baik di daerah yang udaranya panas maupun basah. Ada kemungkinan Malaysia dan srilangka merupakan tempat asal tanaman ini. Sereh banyak tersebar di daerah–daerah tropic lainnya dan ditanam untuk diambil minyaknya, terutama di daerah–daerah berkembang. Secara umum sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dapur (lemograss). Keduanya mempunyai aroma yang berbeda. Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil.)

Manfaat Daun Sereh Bagi Kesehatan

Sebagai khasiat obat, khasiat dan manfaat sereh sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Sereh dimanfaatkan sebagai penghangat badan, obat kumur, anti demam, pencegah muntah, mengobati sakit gigi, gangguan berkemih, radang lambung, radang usus.

Rasa sereh adalah pedas dan bersifat hangat, sereh mengandung minyak atsiri dengan komponen citronellai, citrai, geraniol, methylheptone, eugenol methyleteer, dipenten, eugenol, kadinen, kedinol, dan limonene. Minyak atsiri sereh banyak diguakan dalam pembuatan sabun dan detergen. Seluruh tanaman di atas tanah (segar atau kering) dan minyak atsiri dapat digunakan.

Sebagai obat tradisional sereh dapat dipakai dengan cara sebagai berikut

  • Direbus dan diminum
  • Digunakan untuk mandi (sereh segar)
  • Digiling untuk pemakaian luar

Manfaat dan khasiat sereh


Sakit kepala, otot dan sendi ngilu, batuk, nyeri lambung, diare, haid tidak teratur, bengkak sehabis melahirkan, memar, penolakak serangga.

Efek farmakologi sereh


  • Ekstrak sereh berefek sebagai penolak serangga
  • Minyak atsiri daun dan rimpang dapat menghambat pertembuhan Staphylococcus auerus, Streptoccccus hemolik, Psedudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Bacillus subtillis, Saimonella typhimurium, Aspergillus niger dan Candida albicans.

Penelitian yang telah dilakukan terhadap khasiat dan manfaat sereh


  • Hasil penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Khoirotunnisa tahun 2008 adalah :minyak atsiri daun sereh mempunyai aktivitas anti jamur Malasseia furfur invitro
  • Dwi Setyaningsih, Fakultas Teknologi Pertanian – IPB melakukan penelitian tentang efektifikas menunjukkan bahwa seluruh skin lotion memberikan hasil negative terhadap jumlah gigitan nyamk. Jadi minyak sereh wangi dan geraniol dapat digunakan sebagai zat aktif penolak nyamuk

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon