Manfaat Keringat Bagi Kesehatan Tubuh - Info Namina

Sunday, May 27, 2018

Manfaat Keringat Bagi Kesehatan Tubuh

Berkeringat merupakan reaksi tubuh terhadap pendinginan. Tetapi pada beberapa orang yang menderita penyakit hiperhidrosis (atau keringat berlebihan), produksi keringat terlalu banyak sehingga dapat menimbulkan beberapa masalah.

Manfaat Keringat Bagi Kesehatan Tubuh

Hiperhidrosis dapat menimbulkan efek psikologis dan psikososial. Orang yang mempunyai latar belakang hiperhidrosis sering memiliki rasa kurang percaya diri yang cukup tinggi, lebih memilih untuk menutup diri dan harus mengubah gaya hidup untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, keringat berlebihan juga menimbulkan beberapa penyakit atau iritasi kulit karena kondisi kulit yang basah lebih mudah terkena infeksi bakteri dan jamur.

Namun tidak selamanya orang yang berkeringat mempunyai masalah karena hal tersebut juga dapat mencerminkan bahwa seseorang dalam kondisi sehat jasmani, seperti habis berolahraga atau sedang menjalankan salah satu kegiatan favorit.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa diberikan dari berkeringat, yaitu berikut diantaranya :

1. Menurunkan Berat Badan


Tahukah Anda, berkeringat adalah salah satu media yang berfungsi sebagai pembakar kalori.

Jika memang Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga, cobalah untuk melakukan kegiatan lain yang membuat badan berkeringat, misalnya saja nongkrong di sauna dengan uap panas.

2. Membuang Racun


Semua limbah beracun yang tersimpan dalam tubuh Anda akan dikeluarkan saat tubuh Anda mengeluarkan keringat.

Dengan cara ini ginjal, hati, usus dan organ vital lainnya dibersihkan secara alami dan tradisional.

3. Meredakan Stres


Selama ini beberapa penelitian kesehatan menjelaskan bahwa latihan fisik bisa membantu Anda mengatasi stres.

Padahal yang menjadi kuncinya adalah keringat yang keluar selama rutin menjalankan latihan fisik. Hal ini akan mengurangi stres karena beberapa penyebab.

4. Mendinginkan Tubuh Saat Suhu di Sekitar Panas


Ketika kelenjar keringat Anda aktif bekerja, maka tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan berupa keringat.

Selain itu, berkeringat juga baik untuk mendinginkan suhu tubuh.

Tentu tidak akan menyehatkan jika Anda berada dalam keadaan panas namun tidak dapat mengeluarkan keringat. Sehingga panas tubuh berputar tanpa bisa keluar dan bisa memberi efek yang tak sehat.

5. Menyeimbangkan Cairan Tubuh


Zat-zat seperti natrium dan kalium sangat diperlukan sebagai penjaga keseimbangan cairan tubuh Anda.

Jadi, jika Anda terlalu berlebih dalam mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan natrium atau kalium berlebih, berkeringat dapat menjadi penyeimbang.

Berkeringat mungkin dianggap tidak begitu menyenangkan, karena biasanya identik dengan suhu ruangan yang panas dan gerah atau keadaan tubuh yang kotor sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Padahal keringat yang keluar, apalagi dari kegiatan fisik seperti berolahraga atau melakukan kegiatan yang Anda sukai, dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jadi, perbanyaklah melakukan kegiatan-kegiatan positif. Melakukan olahraga ringan saat sedang menonton pun sudah cukup membantu.
Disqus comments