Apa Itu Scam, Spam dan Hoax? - Info Namina

Friday, October 5, 2018

Apa Itu Scam, Spam dan Hoax?

Seiring dengan proses berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang lebih dikenal dengan teknologi digital, itu membuka peluang permasalahan baru yang ada di masyarakat akan berkembangnya dunia web. Untuk itu,penting untuk kita agar mengenal lebih dalam tentang Apa Itu Scam, Spam dan Hoax yang Mengganggu. Bagaimana tidak mengganggu? Ketika sedang merasa nyaman membuka email, tiba-tiba email tak diundang datang. Selagi bermain browser internet anda disuguhi ajakan atau propaganda yang belum tentu valid kebenarannya, bahkan anda membaca berita di web yang berisi tentang permasalahan yang anda tidak tahu kebenarannya.

Apa Itu Scam, Spam dan Hoax

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari pemahaman tentang scam, spam, dan hoax? Istilah tersebut sebenarnya bukan hal baru ada di tampilan layar website, blog, email, ataupun sejenis media sosial. Ini semakin marak muncul karena banyak permasalahan yang ada. Banyak dari mereka yang memanfaatkan moment ini sebagai waktu untuk mengeruk keuntungan materi dan ada juga yang menggunakannya untuk meluapkan hasrat dan amarahnya melalui media tersebut.

Memahami arti scam


Memahami arti scam

Scam merupakan berita elektronik yang ditulis untuk membohongi atau menipu dengan maksud mencari keberuntungan dari aksi penipuan tersebut. Menurut bahasa Inggris, scam diartikan sebagai confidence trick dimana para pembuatnya menyisipkan trik khusus untuk membuat orang percaya. Semua scam dibuat dengan trik khusus dan bahasa marketing yang seakan menyihir benak pembaca sehingga ikut dalam arus scam tersebut. Inilah yang membahayakan anda jika terlena dengan file ini.

Jika anda pernah menerima bentuk kiriman berupa file berantai atau pengumuman undian lotre, maka keduanya adalah contoh nyata scam yang sering dikirim melalui email, sms, dan lainnya. Tentu hal tersebut sangat meresahkan. Di satu sisi, anda sangat menginginkannya, di sisi yang lain ternyata hal tersebut adalah kebohongan. Betapa menyakitkan jika itu terjadi pada kita. Maka jika ada orang bertanya apa sih scam, spam, dan hoax? maka ini yang paling membahayakan dari pada jenis penipuan yang lain.

Mengulas kembali tentang spam


Mengulas kembali tentang spam

Spam atau orang sering menyebutnya junk mail merupakan bentuk penyalahgunaan berita elektronik dengan menampilkan berita iklan atau keperluan lain sehingga keberadaannya meresahkan pengguna atau pembaca. Berita elektronik ini cenderung dikirimkan dalam bentuk yang teratur dan berkali-kali sehingga orang yang dikirimi menjadi geram dan sangat terganggu. Spam biasanya berbentuk surat elektronik (email), spam blog, spam iklan baris, spam jejaring sosial, spam pesan instan dan lainnya.

Bagi anda yang sering menggunakan Yahoo atau Gmail tentu tidak terkejut lagi dengan gangguan jenis ini. Pasalnya pada media tersebut terdapat file opsi spam yang mengumpulkan berbagai jenis spam di dalamnya. Program tersebut berguna untuk menyaring spam yang masuk pada email pengguna sehingga dimudahkan dalam membedakan file murni dan file spam.

Dalam kegiatan spam ini, nama aktivitasnya dikenal dalam istilah spamming. Sedangkan orang yang malakukan kegiatan ini dikenal sebagai, spammer. Jika anda termasuk yang memanfaatkan kegiatan ini untuk melancarkan bisnis anda dengan cara mengirimi surat masal kepada khalayak tentang produk anda berharap mereka ada yang tertarik tanpa permisi, maka sudah pasti anda termasuk spammer.

Istilah hoax yang kini sedang on


Istilah hoax yang kini sedang on

Banyak orang bingung tentang apa sih scam, spam, dan hoax itu, namun dewasa ini istilah hoax-lah yang paling ramai diperbincangkan di khalayak umum. Namun, tahukah anda apa sih hoax itu? Hoax sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya tipuan. Dalam bahasa kita, ini lebih dikenal sebagai kabar burung. Hoax menjadi kata yang merepresentasikan pembohongan atau pemberitaan palsu dengan maksud mengakali atau menipu pembaca agar percaya.

Bentuk hoax tidak hanya ada dalam bentuk pemberitaan. Hoax dalam bentuk foto pun kian hadir di masyarakat. Kebanyakan dari mereka yang menyebarkan foto tersebut mengemasnya dalam bentuk editan atau foto asli dengan ditambahi tulisan bohong.

Tahukah anda kapan istilah hoax dipopulerkan? Kata hoax ini tenar di era 2006 an pada saat film drama dengan judul The Hoax yang ditulis oleh Clifford Irving. Dalam film tersebut, banyak terdapat kontroversi dari isi hingga proses pembuatannya yang penuh dengan tanda tanya. Setelah itu, banyak orang menirunya dan menggunakan istilah tersebut jika menjumpai orang berbohong di media internet. Sampai sekarang bervariasi konteks yang berkembang tentang hoax ini seperti politik, perekonomian, pendidikan, dan lainnya.

Sebagai saran bagi anda, ingatlah bahwa scam spam dan hoax merupakan hal yang paling berbahaya jika anda terjun di dunia internet dan media sosial. Berhati-hatilah dalam memaknai pesan atau berita elektronik. Pastikan bahwa anda lebih sering berkomunikasi dengan orang lain seperti meminta pendapat sebelum mempercayai sebuah berita di media di atas. Itulah pentingnya memahami apa itu scam, spam, dan hoax.
Disqus comments