Friday, October 5, 2018

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Pada kesempatan yang baik ini Info Namina akan membagikan informasi seputar pengertian komitmen. Tentunya kalian pernahkan mendengar seputar kata komitmen. Lalu apa sih yang dimaksud dengan komitmen? Yuk simak ulasan kali ini agar kalian memahami.

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Pengertian Komitmen


Pengertian komitmen adalah bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat seseorang kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Komitmen bisa dilakukan atas sukarela atau terpaksa, bergantung pada situasi masing-masing orang. Kenyataannya komitmen lebih mudah diucapkan daripada dijalankan. Melaksanakan komitmen adalah sebuah bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Banyak pengalaman mengenai komitmen ini. Ada beberapa orang berkomitmen pada sesuatu dikarenakan mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Beberapa orang lainnya berkomitmen dikarenakan mereka merasa takut kehilangan ketika tidak menjalani komitmen tersebut. Adapun yang lainnya berkomitmen karena merasa mempunyai rasa tanggung jawab untuk melaksanakannya.

Komitmen merupakan sebuah janji. Maksudnya adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen merupakan sebuah pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang.

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli


Berikut ini merupakan beberapa ahli yang mendevinisikan pengertian komitmen.

Colquitt LePine & Wesson

Colquitt LePine & Wesson berpendapat bahwa komitmen organisasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengingatkan seseorang mengenai keanggotaannya dalam suatu organisasi tertentu.

Griffin

Pengertian komitmen menurut Griffin organisasi adalah suatu sikap yang menunjukkan sampai sejauh mana seseorang mengenal dan mau terikat dengan organisasinya. Jika seorang anggota memiliki komitmen yang tinggi, maka ia akan melihat dirinya sebagai anggota organisasi yang sejati.

L. Mathis & H. Jackson

Mathis dan H. Jackson berpendapat bahwa komitmen organisasi merupakan keyakinan anggota dalam menerima setiap tujuan organisasi dan memiliki kemauan untuk tinggal bersama atau pun meninggalkan perusahaan yang akhirnya tampak dari ketidakhadiran atau pun dari angka perputaran anggota.

P. Robins & H. Jackson

Selain L. Mathis & H. Jackson, P. Robins & H. Jackson juga berpendapat mengenai pengertian komitmen. Komitmen organisasi merupakan kondisi seseorang yang memihak sebuah organisasi serta tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi tersebut.

Sri Kuntjoro

Pengertian komitmen menurut Sri Kuntjoro adalah organisasi merupakan rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

Contoh Komitmen Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Dibawah ini merupakan contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari.

Komitmen Untuk Diri Sendiri

Komitmen untuk diri sendiri didasari oleh keinginan pribadi untuk hal yang lebih baik. Contohnya seseorang berkomitmen untuk berhemat ketika ingin membeli barang tertentu, memegang komitmen olahraga tiap hari agar sehat, berkomitmen pada dietnya supaya badan tetap langsin, dan berbagai hal yang dilandasi oleh keinginan diri sendiri.

Komitmen pada keluarga

Contoh komitmen dalam keluarga motivasi berhemat atau kerja keras agar memiliki hidup yang lebih baik. Komitmen ini berbeda dengan komitmen untuk diri sendiri. Komitmen pada keluarga tidak hanya mementingkan diri sendiri melainkan mencakup tanggung jawab atas keluarga.

Komitmen Kerja

Dalam buku yang berjudul “Human Resource Management Review” ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen pada tahun 1991 menyatakan bahwa tiga model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya. 3 Model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya adalah sebagai berikut.

  1. Cinta Terhadap Pekerjaan (Affective Commitment).
  2. Takut Kehilangan (Continuance Commitment).
  3. Memiliki Rasa Kewajiban (Normative Commitment).

Komitmen Dalam Hubungan


Komitmen berfungsi guna mempertahankan suatu hubungan, baik dalam hubungan pernikahan maupun pacaran. Seorang pasangan dalam pacaran akan saling mejaga komitmen mereka agar tidak putus hubungan.

Komitmen Terhadap Lingkungan


Orang yang memahami pengertian komitmen biasanya ia peduli terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan karena kelompok pecinta alam sudah menanamkan tanggung jawab yang besar guna terus menjaga lingkungan pada diri mereka. Motif komitmen terhadap lingkungan dapat berupa komitmen afektif atau komitmen normatif, bahkan dapat dilengkapi dengan Continuance Commitment.

Itulah Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli yang dapat Info Namina sampaikan. Semoga postingan tentang komitmen kali ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri atau sebuah semangat menuju perubahan yang lebih baik lagi.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon