Thursday, November 22, 2018

Cara Mengatur Waktu Belajar Agar Lebih Efektif

Belajar adalah salah satu kewajiban manusia yang harus dilakukan di dunia ini, karena dengan belajar kita bisa mendapatkan berbagai ilmu, baik ilmu untuk di dunia maupun ilmu untuk diakhirat.

Cara Mengatur Waktu Belajar Agar Lebih Efektif

Belajar memang identik dengan sekolah (formal), namun sebenarnya tidak seperti itu. Belajar bisa dilakukan dimana saja, sekalipun itu diluar sekolah yang tanpa bimbingan guru sama sekali, kita tetap dapat belajar. Namun seringkali orang kesulitan cara mengatur waktu belajar agar lebih efisien dan efektif lagi, yang akhinya waktu luang terbuang sia-sia.

Permasalahan kedua sering juga orang merasa kelelahan setelah aktivitas rutin dan yang akhirnya tidak semangat dalam belajar. Nah kedua hal tersebut mungkin bisa teratasi setelah kamu membaca artikel tentang Cara Mengatur Waktu Belajar Agar Lebih Efektif, yang akan saya jelaskan dibawah ini.

1. Cari waktu kosong di keseharian kamu


Cara mengatur waktu belajar yang pertama yaitu kamu harus menganalisa terlebih dahulu waktu kosong setelah kamu beres melakukan rutinitas. Misalnya setelah pukul 6 malam kamu biasa menonton tv atau bermain game, tentu itu merupakan waktu kosong kan ?. Nah gunakan waktu kosong tersebut sebagai waktu belajar yang akan terus kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar ketika orang lain tidur yaitu pukul 3 pagi.

2. Buat jadwal belajar yang up to date


Setelah kamu mengetahui waktu kosong kamu, cara mengatur waktu belajar selanjutnya buatlah jadwal belajar yang up to date. Maksudnya update jadwal belajar setiap minggu nya, pentingkan dulu pelajaran yang sukar (susah) kamu pahami, supaya ketika saat dijelaskan di sekolah kamu sudah memahami dasarnya. Selain itu, pentingkan juga pekerjaan rumah (PR) yang cukup berat, misalnya di hari Kamis ada PR susah, maka kamu buat jadwal di hari sebelumnya untuk mengerjakan PR tersebut supaya lebih efisien dan efektif lagi.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika membuat jadwal belajar, diantaranya :

  • Jangan lupakan ibadah, makan, dan tidur
  • Tetapkan durasi waktu belajar
  • Pilih tempat belajar yang cocok sesuai diri kamu
  • Luangkan waktu untuk istirahat sejenak ketika belajar, supaya kesehatan tetap terjaga

3. Cobalah untuk intropeksi


Kamu bisa mengatur waktu belajar dengan berintropeksi, pikirkan kapan waktu yang cocok untuk belajar bagi kamu. Karena tiap orang tentu mempunyai selera belajar yang berbeda, misalnya lebih suka belajar di tempat ramai atau belajar di tempat sepi dan tenang. Saya sendiri lebih suka belajar di saat tenang karena saat belajar di saat itu mudah dipahami, maka saya memutuskan untuk belajar saat orang lain tidur, yaitu antara pukul 3 - 4 pagi. Dengan cara seperti itu, dijamin bisa membuat waktu belajar lebih efisien dan efektif lagi.

4. Belajar bersama teman


Di sekolah pasti kamu mempunyai teman kan, atau mungkin pacar juga bisa. Nah gunakan hubungan tersebut untuk mencapai kesuksesan bersama dengan cara belajar. Belajar dengan teman tentu akan lebih mudah, karena suatu hal bisa dikerjakan secara bersamaan. Nah cara mengatur waktu belajar ini lumayan efisien dan efektif, kamu bisa belajar dengan teman kapan saja dan dimana saja, misalnya siang hari di hari minggu saat sekolah libur.

5. Ulangi pembelajaran yang sudah dibahas di kelas


Kamu bisa membaca atau memahami kembali pelajaran supaya kamu bisa lebih mengerti dan tidak mudah lupa, karena sering kali kita lupa akan apa yang telah dipelajari di sekolah. Cara mengatur waktu belajar ini sangat efisien dan efektif, kamu bisa melakukan hal ini misalnya ketika sedang menyiapkan buku - buku untuk hari esok.

Itulah beberapa cara mengatur waktu belajar agar lebih efisien dan efektif lagi. Belajar bukan hanya mengenai pelajaran sekolah saja, jadi ketika kamu merasa bodoh, jangan menyerah. Tapi terus berusaha belajar mengenai hal baru sampai kamu menemukan jati diri kamu sebenarnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon