Thursday, November 22, 2018

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Cepat

Tulisan yang bagus itu bukan hanya dilihat dari rapi atau tidaknya tulisan, melainkan dari jelas atau dapat dihapami dengan mudah tulisan tersebut. Tentu untuk membuat tulisan mudah dipahami kita harus mempunyai kemampuan menulis yang baik.

Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Cepat

Tidak sedikit orang mengatakan bahwa kemampuan menulis itu ada kaitannya dengan bakat menulis, saya setuju tapi ada tidak setujunya juga. Karena meskipun tidak berbakatpun kita bisa menjadi jago bila terus berlatih dan berlatih. Jadi jangan khawatir bila Anda merasa tidak berbakat dalam menulis.

Kemampuan menulis menurut saya sangat penting untuk ditingkatkan, karena kemampuan tersebut akan banyak digunakan seseorang dalam kesehariannya, seperti menyelesaikan tugas, untuk bekerja, atau menulis artikel layaknya blogger seperti saya.

Sering kali orang kebingungan ketika menulis, bingung dalam pembukaan atau orientasi tulisan harus seperti apa, bingung saat menyusun tulisan, bingung bagaimana cara menjelaskan kepada pembaca supaya mudah dipahami, dan lain sebagainya. Kebingungan - kebingungan tersebut bisa membuat penulis menjadi berhenti dan angkat tangan, padahal jangan seperti itu.

Nah oleh sebab itu, di artikel kali ini Info Namina akan memberikan Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Cepat.

1. Terus Menulis


Kemampuan menulis akan semakin meningkat ketika Anda terus mencoba untuk menulis walaupun tulisan tersebut jelek. Meskipun begitu, lama kelamaan Anda akan terbiasa menulis, tidak bingung menyusun kalimat sehingga hal tersebut bisa membuat tulisan semakin bagus dan mudah dipahami orang lain.

Bahkan ada pepatah "Bisa Karena Terbiasa", dimana memiliki arti bahwa semua pekerjaan yang awalnya sulit akan menjadi mudah jika kita melakukannya dengan sering (terbiasa).

2. Perbanyak Membaca


Menulis dan membaca mempunyai keterkaitan yang erat, simple nya orang yang suka menulis berarti orang itu juga suka membaca. Karena dengan membaca bisa membuat Anda berwawasan tinggi yang nantinya bisa Anda tuangkan lagi ke dalam tulisan.

Dalam membaca juga Anda bukan hanya mempelajari mengenai suatu hal saja, Anda juga harus mempelajari bagaimana orang tersebut membuat tulisan semaksimal mungkin sampai bisa dipahami dengan mudah.

Belajar bagaimana cara orang tersebut memulai pembukaan, membahas isi, penggunaan bahasa, sekaligus perbanyak kosa kata Anda untuk meningkatkan kemampuan menulis.

3. Gabung di forum atau grup facebook


Untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda juga bisa memanfaatkan kehadiran internet saat ini dengan bergabung di forum - forum atau grup facebook. Anda bisa menanyakan beberapa hal yang belum Anda mengerti, tapi tanyakan dengan bahasa yang sopan supaya orang lain ikhlas dalam menjawabnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ilmu menulis dari para master yang biasanya suka membuat postingan di forum atau grup facebook.

Perbanyaklah teman yang sejalan dengan Anda supaya Anda mempunyai partner dalam menuju kesuksesan.

4. Ikuti kontes menulis


Kontes menulis online biasanya sering diadakan dengan persyaratan yang cukup simple. Manfaatkan moment ini, meskipun Anda merasa tulisan Anda masih jelek atau acak - acakan tapi tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu.

Karena dengan mengikuti kontes menulis Anda akan tahu seberapa kualitas tulisan tersebut dan Anda akan tahu tulisan mana yang lebih berkualitas yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan kemampuan menulis.

5. Terima kritik dan saran pembaca


Untuk menjadi orang sukses itu kita harus berlapang dada menerima kritik pedas dan saran dari orang lain. Karena dengan kritik dan saran tersebut bisa membangun diri Anda semakin baik lagi. Begitu juga dalam menulis, Anda harus membuka atau menawarkan pembaca untuk berkritik mengenai tulisan Anda.

Kritik dan saran pembaca mempunyai peran penting dalam meningkatkan kemampuan menulis. Tapi selain itu juga berfungsi untuk menambah wawasan baru, karena bisa saja ada hal yang belum dijelaskan di tulisan, karena Anda tidak mengetahuinya.

Ambil kritik yang membangun dan buang kritik yang malah menjatuhkan, bersikaplah dewasa dalam menangani masalah tersebut.

6. Menulislah dengan bebas


Faktor utama orang merasa sulit dan bingung ketika menulis adalah karena dia terpaku dengan bahasa yang baku, ejaan-ejaan yang harus digunakan dan aturan - aturan lainnya. Padahal hal tersebut malah semakin membuat bingung.

Sebaiknya Anda menulis dengan bebas, jangan terpaku kedalam aturan - aturan tersebut. Terus menulis sampai beres, setelah itu baru perbaiki tulisan tersebut dengan merubah beberapa kata atau menerapkan aturan - aturan yang berlaku.

7. Cermati penulis terkenal


Sebagai penulis Anda harus mempunyai pedoman dalam meningkatkan kemampuan menulis, misalnya penulis yang sudah terkenal. Cermati beberapa penulis terkenal mengenai bagaimana cara dia menulis, mulai dari ejaan, sampai bagaimana dia menulis artikel supaya mudah dipahami. Setelah mengamati tentu Anda harus bisa menirunya ketika Anda menulis.

8. Gunakan bahasa sendiri


Meskipun Anda mempunyai kesukaan terdahap tulisan dari penulis terkenal tersebut. Tapi Anda jangan tiru keseluruhan penulis terkenal tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda benar - benar menjadi diri Anda sendiri dalam membuat tulisan, gunakan cara Anda dalam membuat tulisan. Selain itu, Anda akan mempunyai kerakteristik tersendiri dan lama - kelamaan orang akan mengenal karakteristik tersebut.

9. Menulis seperti ngobrol sama teman


Anda juga bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan mengubah mindset Anda bahwa menulis itu tidak jauh ngobrol bersama teman. Dengan begitu Anda akan dengan bebasnya membuat tulisan dengan mudah dan cepat, namun mungkin akan ada beberapa kalimat yang kurang dipahami. Untuk sementara hiraukan saja, karena lama-kelamaan juga akan membaik.

10. Evaluasi setiap tulisan


Sejago - jago nya penulis dalam membuat tulisannya, pasti dia melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. Karena dengan melakukan evolusi Anda bisa mengetahui dimana kekurangan tulisan Anda, bahkan bisa mengetahui kalimat yang typo.

11. Ikuti les menulis


Anda juga bisa mengikuti les menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini sangat jelas ya, karena pastinya Anda akan diajari bagaimana dan mulai dari mana untuk membuat tulisan yang berkualitas. Namun cara ini tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit, jadi Anda harus memikirkan terlebih dahulu, apakah Anda ingin menjadi penulis professional atau Anda menulis hanya sedekran berbagi ? Semua jawaban ada di tangan Anda sendiri.

Memang sulit untuk membuat tulisan yang mudah dipahami orang meskipun menggunakan bahasa yang sederhana. Namun yang harus Anda lakukan adalah terus berlatih supaya bisa meningkatkan kemampuan menulis. Mungkin cukup sekian tips kali ini, semoga kemampuan menulis Anda bisa semakin bagus lagi.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon