Bagaimana Cara Menikmati Hidup? - Info Namina

Sunday, July 1, 2018

Bagaimana Cara Menikmati Hidup?

Bagaimana Cara Menikmati Hidup? Pertanyaan ini muncul di pesan hp saya dari seorang teman. Nampaknya dia tengah galau. Tak dijelaskan apa penyebabnya. Namun saya bisa menangkap bahwa itulah yang dia alami.

Bagaimana Cara Menikmati Hidup

Sejenak saya tarik nafas dalam-dalam. Waktu terima sms itu, saya sedang duduk di teras rumah, sambil menikmati suasana malam bertabur bintang dan cahaya bulan. Ditemani secangkir teh hangat.

Memang… di tengah dunia yang begitu cepat saat ini, menikmati hidup serasa menjadi sesuatu yang langka. Apalagi bagi yang tinggal di kota-kota besar. Jalan raya begitu sesak oleh kendaraan yang berebut agar bisa cepat sampai ke tujuan. Tiap orang berpacu dengan waktu untuk bekerja dan bekerja bahkan sampai larut malam. Dan nampak dari raut muka, betapa tegang mereka dalam menjalani kehidupan ini. Tanpa suasana riang, senyuman, seolah hidup ini begitu berat dan tak bisa dinikmati.

Baiklah saya tahu tiap orang pasti punya masalah dalam kehidupan. Namun itu bukan berarti kita menjadi tak bisa menikmati kehidupan ini.

Beberapa waktu lalu, saya menulis soal Lakukan ACTION dengan Enjoy!. Banyak yang berkomentar setuju bahwa ACTION tak kemudian harus menjadi beban, tapi justru dilakukan dengan hati senang akan lebih baik hasilnya. Dan merasakan kenikmatan dalam menjalani sesuatu itu tak sebetulnya tak hanya saat kita bekerja saja, tapi bisa diterapkan dalam setiap aktivitas kita.

Seperti saat minum misal. Coba rasakan pelan-pelan bagaimana nikmatnya minum. Air yang masuk membasahi kerongkongan anda dan kemudian masuk ke dalam perut anda. Coba rasakan dan nikmati itu. Nikmati saat air itu menyentuh lidah anda, gigi anda, tenggorokan dan akhirnya masuk ke dalam perut. Dan… rasa haus yang sebelumnya anda rasakan, perlahan sirna. Alhamdulillah.. 🙂

Beri Perhatian Lebih


Salah satu cara untuk menikmati sesuatu adalah memberikan perhatian lebih pada aktivitas yang sedang anda lakukan. Seperti lensa kamera yang men-zoom suatu obyek, anda perhatikan dan rasakan lebih dalam hal yang sedang anda lakukan itu. Saat itulah anda akan bisa menikmatinya. Sangat mungkin dalam eksplorasi kenikmatan itu, hal-hal yang sebelumnya mungkin tak pernah terasakan dan mungkin terabaikan bisa anda temukan.

Tentu ini perlu latihan. Anda bisa mulai melatihnya misal dengan hal-hal yang mudah untuk dinikmati. Seperti misalnya saat jalan-jalan pagi, anda bisa coba nikmati suasana pagi itu. Coba hirup udaranya, rasakan suasana sekitar yang begitu segar dengan embun yang basah di rerumputan, dan sinar matahari pagi yang masih malu-malu memancar.

Kemudian, anda bisa coba juga untuk belajar menikmati apa yang sedang anda lakukan, seperti saat sarapan, saat bekerja, beribadah, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Kuncinya adalah selami apa yang sedang anda lakukan. Ketika anda mampu menyelami apa yang sedang anda lakukan, anda akan bisa menikmati kehidupan ini.

Menikmati hidup bukan berarti bermalas-malasan. Tapi sebaliknya kita bisa merasakan seutuhnya apa yang sedang kita lakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Menikmati hidup dan (apapun) yang sedang anda kerjakan, akan membuat pikiran dan hati anda lebih tenang.

Percayalah. Coba rasakan dan mulailah belajar menikmati kehidupan anda mulai saat ini.
Disqus comments