Monday, July 2, 2018

Pertanyaan Penting buat Para Marketer

Tiga pertanyaan berikut ini amat penting buat marketer seperti anda. Tak peduli apakah anda online marketer atau offline marketer.

Pertanyaan Penting buat Para Marketer

Tiga pertanyaan berikut ini mungkin belum pernah anda pelajari sebelumnya di buku marketing manapun yang cenderung njlimet dan tak taktis. Tiga pertanyaan berikut ini merupakan prinsip dasar yang harus anda pegang jika ingin menjual lebih banyak dan lebih baik.

Penasaran? Tiga pertanyaan marketer tersebut adalah

1. Apa yang akan saya lakukan untuk mempertahankan pelanggan saya?


Mempertahankan pelanggan bukanlah pekerjaan mudah. Nah, karena itu anda harus terus meningkatkan kemampuan anda dalam mempertahankan pelanggan. Jelas produk atau jasa yang bagus yang anda tawarkan punya peran penting agar pelanggan tak berpindah ke lain hati.

Tapi itu saja tak cukup. Pelanggan juga senang jika dikenali, diapresiasi dan bahkan ikut diajak untuk mempunyai rasa memiliki terhadap bisnis anda.

Coba tanyakan pertanyaan penting ini pada diri anda.

2. Apa yang akan anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru?


Mungkin anda akan menjawab caranya dengan mencoba melihat daftar prospek anda yang belum pernah diprospek sebelumnya. Lalu anda akan coba untuk mulai mem-follow up mereka.

Atau bisa juga anda mencoba menawarkan value yang memang dibutuhkan oleh para calon pelanggan baru itu. Atau bisa juga dengan cara-cara lainnya.

Ada banyak caranya. Yang penting, sekarang coba tanyakan kepada diri anda sekarang: apa yang akan saya coba lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru?

3. Apa nilai tambah yang bisa anda berikan?


Meskipun sekarang mungkin anda sudah punya nilai tambah atau “add value”, namun sebaiknya anda tak puas di situ. Coba cari nilai-nilai tambah baru yang bisa memperkuat hubungan anda dengan para pelanggan.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon