Belajar Online Tanpa Harus Berada di Kelas - Info Namina

Saturday, August 11, 2018

Belajar Online Tanpa Harus Berada di Kelas

Di era digital seperti sekarang ini, banyak hal dimudahkan dengan adanya aplikasi. Berbagai startup dan platform digital berlomba-lomba memberikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi masyarakat, termasuk di bidang pendidikan.

Belajar Online Tanpa Harus Berada di Kelas

Banyak aplikasi yang memudahkan siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun, tanpa terbatas ruang dan waktu. Berikut ini 4 platform belajar online yang perlu kamu coba.

1. Ruangguru


1. Ruangguru

Ruangguru merupakan salah satu startup digital yang menyediakan konten belajar mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional yang dirancang khusus oleh pengajar berpengalaman. Melalui Ruangguru, kamu bisa belajar dengan cara baru, karena kamu akan diajak untuk menonton video sebagai bahan belajar.

Selain itu, Ruangguru juga menyediakan latihan soal dan try out yang bisa kamu akses melalui smartphone. Aplikasi Ruangguru telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna smartphone. Jika kamu kesulitan untuk belajar secara online karena terbatas dengan kuota internet, kamu bisa mengunduh modul dan belajar tanpa jaringan internet.

Setelah belajar melalui video, kamu bisa melakukan tes melalui kuis-kuis yang tersedia untuk mengasah kemampuanmu. Jika masih mengalami kesulitan, kamu bisa menggunakan ruangles untuk memanggil guru privat ke tempatmu.

2. Quipper


Quipper

Quipper menawarkan pola belajar yang menyenangkan karena kamu dapat belajar melalui video online. Perusahangan teknologi yang berkantor pusat di London, Inggris ini telah mengembangkan sayapnya ke berbagai negara, seperti Jepang, Indonesia, Filipina, dan Meksiko.

Selain untuk membantu siswa dalam belajar, Quipper juga membantu untuk memberdayakan guru untuk memaksimalkan proses belajar-mengajar melalui perangkat pengelolaan belajar yang mendukung guru di kelas. Dengan begitu sistem pengelolaan kelas menjadi lebih efisien dan beban tugas guru akan berkurang. Saat ini, 4 juta siswa dan 300 ribu guru telah terdaftar di Quipper.

3. Zenius Education


Zenius Education

Salah satu perusahaan berbasis teknologi di Indonesia ini akan membantu kamu untuk belajar lebih mudah melalui platform digital. Zenius menyediakan materi belajar mulai dari tingkat SD sampai SMA, lengkap juga dengan soal-soal latihan untuk Ujian Nasional. Selain itu, Zenius juga menyediakan soal-soal untuk SBMPTN seperti soal-soal TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik), Saintek, Soshum dan soal untuk Ujian Mandiri.

Melalui pengalaman belajar yang menyenangkan, Zenius ingin para pelajar di Indonesia memiliki motivasi belajar mandiri yang didasari oleh rasa penasaran terhadap ilmu pengetahuan. Selain itu, Zenius juga ingin membantu para pelajar untuk menjadi pribadi yang lebih rasional dan selalu berpikir secara ilmiah. Sehingga nantinya mereka akan menjadi manusia yang lebih matang serta bertanggung jawab baik secara pribadi, sosial maupun profesional.

4. Haruka Education


Haruka Education

HarukaEdu merupakan perusahaan yang menyediakan solusi untuk memungkinkan universitas menawarkan pendidikan online berkualitas. HarukaEdu menyediakan pembelajaran kursus secara online. Selain menyediakan kelas online, HarukaEdu juga menyediakan bahan belajar untuk mahasiswa.

HarukaEdu telah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia seperti LSPR, President University, Universitas Al Azhar Indonesia, Ukrida, UNTAR dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, HarukaEdu juga memiliki tenaga pengajar profesional yang akan membantu kamu untuk belajar lebih baik.

HarukaEdu menyediakan program kuliah online dengan program yang sangat fleksibel, sehingga memungkinkan kamu untuk kuliah sambil bekerja. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu yang ingin tetap belajar namun memiliki waktu yang singkat untuk berada di kelas.
Disqus comments