Sunday, October 14, 2018

Kunci Sukses Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum bukanlah hanya menyampaikan materi / maklumat kepada khalayak umum, tetapi lebih dari itu yaitu bagaimana kita dapat melibatkan diri sepenuhnya untuk hasil yang terbaik yang boleh anda berikan kepada pendengar.

Kunci Sukses Berbicara di Depan Umum

Untuk mencapai itu semua ada 8 elemen yang harus kita kuasai supaya tampil sukses dan memukau. dan berikut 8 element yang akan saya diuraikan sebagai berikut :

1. Penampilan


Tahukah anda apa yang paling dinilai pertama kali oleh seseorang ketika melihat orang lain? jawabannya adalah penampilan. Penampilan ini akan memberikan kesan tersendiri bagi orang lain yang memperhatikannya.

Lalu apa hubungannya dengan bicara di depan umum?

Jangan salah teman, penampilan sangat penting bagi seorang pembicara. Karena ini akan membina kesan yang menarik dari diri anda. Dari cara anda berjalan memasuki podium, bahasa tubuh, pakaian, dan ekspresi wajah semua diperhatikan. Di sinilah kesan pertama itu anda bangun sebelum anda mula dalam sesi berbicara. Jika dalam hal ini anda berhasil, maka kepercayaan awal telah dimiliki oleh penonton terhadap diri anda.

2. Konten


Konten ini menyangkut informasi yang akan anda sampaikan. Bermaksud anda tidak boleh sembarangan menyajikan maklumat kepada audiens. Sebelum anda naik ke podium anda harus benar-benar matang menyediakan bahan.

Minimal materi harus memuat 3 hal, iaitu pendahuluan, topik utama dan penutup / kesimpulan. Pendahuluan minimum membahas tentang latar belakang masalah, tujuan, manfaat dan rumusan masalah. Topik utama menjawab materi dari rumusan masalah yang telah anda buat. Penutp, berisi kesimpulan yang singat, dan jelas. Tentunya yang langsung mengena di fikiran pelanggan.

Ingat, penonton anda memerlukan struktur dan penglibatan untuk mempelajari atau mempertahankan apa pun yang anda katakan.

3. Penguasaan ruang


Penguasaan ruang yang baik oleh seorang penceramah akan mempangaruhi penerimaan maklumat yang anda sampaikan kepada audiens. Dalam hal ini ada beberapa perkara yang perlu anda perhatikan seperti tetapan ruang, kedudukan berdiri anda dari hadapan penonton, alat bantu yang anda gunakan. Satu lagi yang juga harus anda fahami adalah Ana berbicara atas undangan penonton atau anda yang mengundang audiens.

4. Cara penyampaian pesan


Pernah saya ditanya oleh seseorang pensyarah senior "apa yang akan anda lakukan apabila anda mengajar? Saat itu saya menjawab "pertama adalah materi, dan kedua adalah cara menyampaiakan materi, kerana kejayaan pembelajaran apabila seorang mahasiswa mampu menyerap dan memahami apa saja yang kita sampaikan, jadi yang akan saya lakukan dalam mengajar adalah mengusai meteri dengan baik kemudian mengolahnya menjadi sesuatu yang lebih mudah di makan dan dicerna oleh mahasiswa.

Sama halnya dengan perbicara di depan umum, sebagai pembicara kita jangan hanya tertumpu pada materinya saja, tapi juga harus kepada cara penyampaian yang akan kita berikan. Bagaimana cara anda memberikan kandungan jauh lebih penting daripada maklumat yang akan anda sampaikan. Bagaimana penonton "menerima" suara anda, ekspresi wajah anda, ghairah anda, pengucapan anda pada saat berbicara di depan mereka itu harus menjadi pegangan yang tidak boleh anda sepelekan.

5. Perhatian


Jangan sekali-kali anda menganggap audiens itu adalah sesosok yang tidak penting, kerana hal itu jelas akan mengganggu penampilan anda semasa anda berada di depan. Yang harus anda lakukan adalah memberikan perhatian yang penuh kepada audiens. Selain itu anda juga harus menjaganya dari awal hingga akhir pembicaraan. Ini adalah satu kemampuan khusus yang akan menjadikan anda menjadi pembicara yang ulung.

6. Berikan contoh yang nyata dan relevan


Selama anda berbicara di hadapan penonton anda pasti menginginkan semua Penonton untuk memperhatikan anda dan mendengarkan apa yang anda sampaikan. Dari itu berikanlah mereka contoh yang nyata dan relevan, sehingga mereka terkesan tidak mengandai-andai atau meragukan apa yang anda sampaikan.

7. Buatlah kata kunci


Tentu anda ingin penonton meninggalkan panggung anda dengan membawa pesab bermanfaat yang akan segera mereka aplikasikan. Hal ini hanya boleh penonton dapat jika ada mampu membuat beberapa kata kunci yang akan selalu diingat oleh penonton anda. Kata kunci ini umumnya berupa kesimpulan dan anjuran untuk take action atas apa yang baru saja mereka peroleh.

8. Tujuan


Seperti yang sudah dijelaskan pada mata ketujuh seorang penceramah selalu ingin penonton mampu mengambil message daripada apa yang mereka sampaikan. Namun jangan lupa pada dasarnya itu semua bisa terwujud jika dari awal pemibara telah mempunyai tujuan yang jelas atas terselenggaranya sebuah kegiatan.

Silakan tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon